• Juni 6, 2016
  • Pimpinan Pusat IPNU
  • 0

Ansor dan Banser Ketanggungan Adakan Sejumlah Kegiatan selama Ramadhan

Brebes (0506/2016)
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Jam’iyah Rijalul Ansor Ketanggungan, Kabupaten Brebes mengisi bulan suci Ramadhan 1437 Hijriyah dengan berbagai kegiatan. Hal ini dilakukan untuk lebih mensyiarkan Ramadhan, sehingga para anggota jam’iyah benar-benar bisa menikmati manisnya iman dan keberkahan bulan puasa.
Program tersebut disepakati usai melakukan kegiatan rutinan yang dilanjutkan dengan musyarawarah jelang Ramadhan di Masjid Al-Istiqomah Desa Karangbandung, Ketanggungan, Sabtu (4/6) malam lalu.
Ketua PAC Ansor Ketanggungan Ujang Shofiil Anam Al-Hafidz menjelaskan, menyambut datangnya bulan suci Ramadhan PAC GP Ansor Ketanggungan sepakat mengadakan beberapa program. Antara lain setiap Ranting Ansor mengadakan Tadarus Al-Qur’an hingga khatam mencapai 210 kali, minimal per-ranting khatam 10 juz.
Tarawih keliling ke masjid-masjid dan Mushola desa, Nuzulul Qur’an, buka puasa bersama, dan Khotmil Qur’an yang diikuti seluruh anggota Ansor dan Banser.
Selain itu, menjelang Arus Mudik dan arus balik lebaran, juga akan mengadakan Posko Mudik untuk kenyamanan dan keamanan arus mudik maupun arus balik lebaran.
Bendahara PAC Ansor Ketanggungan Arif Rahman Hakim berbicara masalah pendanaan, tidak dibebankan pada kas organisasi tetapi kuntengan semua pengurus dan anggota. “Kami berupaya mencari dana yang tidak mengikat demi kesuksesan segala program organisasi,” terangnya.
Dia juga bertekad akan mendirikan badan usaha ekonomi kreatif milik Ansor agar bisa menopang kegiatan organisasi dan tidak tergantung dengan iuran.
Kegiatan rutinan Jamiyah Rijalul Ansor digelar setiap bulan antar Ranting Ansor se-Kecamatan Ketanggungan. Selain untuk koordinasi dan syiar Islam, juga untuk menguatkan paham Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) di kalangan anggota Ansor dan masyarakat. Jam’iyah diikuti para pengurus PAC, Pengurus Ranting serta jajaran Satkoryon Banser. (Wasdiun/Fathoni)