• Desember 28, 2016
  • mediaipnu
  • 0

Perkuat Basis Kader, Pelajar NU Cirebon Gelar Lakmud

Cirebon, PP IPNU – Mewarisi faham Islam Ahlussunnah wal Jama’ah untuk meneruskan perjuangan ulama dan kiai NU, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Cirebon menyelenggarakan Latihan Kader Muda (Lakmud) khusus untuk wilayah Cirebon bagian barat di Pondok Pesantren Assa’idiyah Desa Gintung Lor Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon, Selasa (27/12).

Ketua Pelaksana kegiatan Lakmud IPNU-IPPNU, Muhammad Sholeh Hariri mengatakan Lakmud ini merupakan pelatihan lanjutan pengkaderan IPNU-IPPNU yang sebelumnya telah mengikuti kaderisasi tingkat awal yaitu Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Dia melanjutkan Lakmud ini khusus dilaksanakan untuk memperkuat basis kader di wilayah Cirebon bagian Barat meliputi PAC Susukan, Ciwaringin, Arjawinangun, Kaliwedi, dan Palimanan.

Menurutnya, Lakmud adalah pelatihan yang menekankan pada jiwa kepemimpinan, motivasi pengembangan diri, pengetahuan dan penerapan teknologi informasi, dan keterampilan berorganisasi serta berupaya membentuk karakter kader IPNU-IPPNU.

“Kegiatan Lakmud ini diikuti 60 peserta dari seluruh perwakilan anak cabang IPNU-IPPNU se-wilayah barat Kabupaten Cirebon. Insya Allah pelaksanaannya dari hari ini (Selasa-red) hingga Kamis. Sesuai target kami selaku panitia,” kata Sholeh yang juga merupakan Ketua PAC IPNU Kecamatan Susukan.

Hal serupa disampaikan oleh ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon, Ayub Al Ansori yang menjelaskan para kader IPNU-IPPNU dilatih untuk memiliki pengetahuan yang luas tentang problematika ideologi keagamaan dan pendidikan di Indonesia. Ayub menambahkan saat ini kita sedang perang cyber media, maka sudah saatnya kader IPNU-IPPNU melek teknologi dan media khususnya media sosial.

“Di Kabupaten Cirebon, sudah saatnya kaderisasi merata di seluruh pelosok daerah dari Timur hingga Barat, dari Selatan hinggga Utara,” tegas Ayub.

Sementara itu Ketua PC IPPNU Kabupaten Cirebon, Nur Aida Fajriyanti, mengatakan dengan mengikuti Lakmud ini gerakan IPNU dan IPPNU di Cirebon khususnya wilayah barat harus lebih masif dan terstruktur.

“Mudah-mudahan setelah menjadi kader, mereka lebih giat dan semangat dalam berkhidmat di IPNU dan IPPNU,” tandas Aida. (Nurjannah Al Kendali)