• Februari 27, 2017
  • mediaipnu
  • 0

Hari Lahir ke-63 IPNU ke-62 IPPNU dan Hari Lahir Ghirah Perekonomian Setingkat Anak Cabang

Temanggung – Seminar bertemakan “Arti Penting Jiwa Kewirausahaan Bagi Organisasi”, yang diadakan oleh pengurus harian Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah, pada hari Minggu, tanggal 26 Februari, Kegiatan seminar singkat ini merupakan progam kerja pertama PAC IPNU IPPNU Kecamatan Candiroto masa khidmat 2016-2018, yang menyasar semua pengurus PAC IPNU IPPNU Kecamatan Candiroto. Seminar dihadiri oleh 35 pengurus PAC IPNU dan 33 pengurus PAC IPPNU Kecamatan Candiroto. Kegiatan ini dimaksudkan juga untuk mengisi hari lahir ke-63 Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan ke-62 Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama. Para peserta seminar ”Arti Penting Jiwa Kewirausahaan Bagi Organisasi”, Nampak sangat semangat dan antusias mengikuti kegiatan ini, apalagi dalam kesempatan ini, para pengurus harian juga berinisiatif untuk membuat sebuah video persembahan hari lahir ke-63 Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan ke-62 Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama. Dan sebagai simbolis peringatan hari lahir ke-63 Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan ke-62 Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama, juga melaksanakan pemotongan tumpeng, sebagai penindak pemotongan tumpeng adalah rekan Ahmad Rofiq, ketua PC IPNU Kabupaten Temanggung.

Ketika disela istirahat, ketua panitia menuturkan bahwa, “Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan, terlebih juga agar mereka memiliki jiwa kewirausahaan, yang nantinya bisa digunakan di dalam organisasi secara khusus dan dalam kehidupan pribadi secara umum.” Pada seminar Arti Penting Jiwa Kewirausahaan Bagi Organisasi ini, menghadirkan narasumber yang berasal dari kecamatan Ngadirejo, Suryo Budi Santoso. Suryo Budi Santoso adalah pemuda yang sedang membangun sebuah usahanya di Kota Jogjakarta, sehingga secara penyajian materi tidaklah muluk-muluk bagi para peserta, karena narasumber juga masih proses dalam pembangunan kewirausahaan, sesuai dengan kondisi para peserta, yang secara garis besar baru mengenal dunia usaha. Dalam penyajian materi, beliau menyampaikan tentang arti penting ilmu kewirausahaan dan sebuah terobosan-terobosan baru dan terkini terkait dengan wirausaha bagi organisasi.

“Dengan memanfaatkan hari bersejarah bagi pelajar Nahdlatul Ulama yaitu hari lahir ke-63 Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan ke-62 Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama, diharapkan juga sebagai hari bersejarah bagi PAC IPNU IPPNU Kecamatan Candiroto di bidang perekonomian, karena pada progam kerja pertama ini menjadi pembekalan bagi para pengurus, utamanya di departemen ekonomi. Seminar tersebut juga sebagai pijakan menuju progam kerja kedua yaitu membangun perekonomian dengan membuat usaha praktis, yang mana pada progam kerja kedua ini departemen perekonomian, melakukan kerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Candiroto. Pada progam kerja kedua ini, PAC IPNU IPPNU Kecamatan Candiroto membuat sebuah produk mainan anak-anak, yang kemudian didistribusikan ke semua Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Candiroto”, tutur ketua PAC IPPNU Kecamatan Candiroto (Siti Nurjanah [21]) pada sambutannya dalam seminar Arti Penting Jiwa Kewirausahaan Bagi Organisasi. (Agus Subhi/JS)