• Maret 1, 2017
  • mediaipnu
  • 0

Menjadi Santri Bukan Hanya Pintar Mengaji Ya, Kamu Juga Harus Memiliki Keahlian Yang Lainnya

Tentu sebagai seorang santri sudah tidak diragukan lagi pemahaman keilmuan yang kamu miliki, namun ternyata kamu yang mengaku santri juga harus bisa mengambil peran yang lebih dalam dunia media, politik dan juga ekonomi. Mengapa kamu harus terjun ke tiga dunia tersebut? Coba kamu pikirkan, jika kamu sudah mengetahui bagaimana caranya menulis yang benar dan indah yang kamu pelajari lewat media Al Quran. Selanjutnya, kamu belajar kitab yang mengisahkan perjuangan Rasulullah SAW sebagai seorang pemimpin. Kini sudah saatnya kamu untuk mengambil alih kekuasaan dengan cara yang baik dan bijaksana. Perekonomian yang tidak selalu menjadi masalah atau bahkan juga wajib kamu geluti loh, belajar kitab muamalah atau ekonomi syariah yang sesuai dengan kisah Rasul yang berprofesi menjadi pengusaha merupakan pedoman awal yang akan menginspirasimu untuk mulai berkontribusi kepada negeri nusantara Indonesia ini.

Kenapa ketiga hal tersebut dianggap paling penting? Ketika kamu menyadari betul bagaimana keadaan dunia saat ini, bagaimana tentang peran generasi muda yang sudah semrawut dan tidak bisa diharapkan apa-apa lagi? Kaum santri lah yang harus memberikan contoh dan teladan baik agar bisa menumbuhkan lagi semangat membangun dan mengembangkan peradaban dan kesejahteraan sosial lewat media, politik dan kegiatan ekonomi. Bermula dari keilmuan yang religius, akan menciptakan generasi yang jenius dan dunia akan terurus.

Apakah kamu tertarik untuk memulai sesuatu yang baru dan nantinya akan memberikan banyak manfaat untuk dirimu? Jangan sampai hanya berpihak dengan amal akhirat ya, sebagai santri kamu juga perlu mempertimbangkan kebahagiaanmu dan juga orang-orang di sekitarmu untuk merasakan perdamaian, kemakmuran dan juga kebahagiaan berkat asas kepedulian yang kamu sumbangkan.

Berbanggalah ketika kamu menjadi santri yang sudah jelas keilmuannya, tinggal bagaimana caranya kamu bisa mempraktekkannya ketika kamu sudah berada di lingkungan masyarakat luas dengan terus melihat peluang-peluang yang singgah di depan matamu. Jangan pernah merasa menjadi kaum yang terbelakang atau tidak punya gaya, karena sebenarnya menjadi santri adalah menjadi generasi terpelajar yang terdepan. Siapkan mentalmu dan kembangkan lagi wawasanmu. Di zaman yang super teknologi ini harus bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin dan tunjukkan kepada orangtuamu bahwa kamu lah kebahagiaan surga dunia dan akhirat mereka yang sesungguhnya. Tunggu apalagi? “Allah akan merubah nasib suatu kaum, jika kaum tersebut mau berusaha.” Wallahu a’lam bisshowab.

Ilustrasi Gambar: http://trivia.id/post/para-santri-dikenal-hidup-terkekang-aturan-inilah-sisi-lain-kehidupan

(Annida Shf)