• Maret 8, 2017
  • Pimpinan Pusat IPNU
  • 0

Pelajar Harus Pandai Bersosial Media

Sosial media merupakan sebuah aplikasi berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet. Jika kita menggunakan sosial media dengan benar maka kita tidak mempunyai masalah saat menggunakan sosial media tersebut. Akhir akhir ini, masalah tentang menggunakan sosial media sering terjadi akibat penyalahgunaan saat ber-sosial media.

Permasalahan yang sering muncul mengenai penyalahgunaan sosial media justru banyak terjadi dikalangan pelajar. Hal tersebut disebabkan oleh Ilmu Pengetahauan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang. Media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Saat teknologi internet dan smart-phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah smart-phone. Media sosial pasti berpengaruh pada pelajar.

Jangankan pelajar, yang dewasapun terpengaruh. Tentunya pengaruh yang lebih besar ada pada pelajar. Karena pelajar belum punya ketentuan yang pasti, kepribadiannya belum terlalu stabil, sehingga perlu ada pengawasan dari orangtua maupun guru. Peran orangtua dan guru sangat penting guna mengawasi anak atau muridnya dalam menggunakan media sosial.

Mengingat akhir ini banyak muncul berita yang sifatnya belum tentu benar (hoax). Dimikianlah media sosial yang memiliki dampak positif dan dampat negatif. Penggunaan media sosial dikalangan pelajar menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi para guru maupun orangtua. Sebagai sarana diskusi dengan jangkauan yang luas, sebagai sarana bertukar informasi, sebagai wadah untuk mempererat pertemanan, untuk mencari informasi/berita terbaru, untuk mengisi waktu luang dan untuk menambah wawasan itulah peran media sosial yang sebenarnya. (Taufik Akbar Rosyidi)