• Maret 12, 2017
  • mediaipnu
  • 0

ADAKAN DIKLAT KELAS LITERASI, LP MA’ARIF NU NGANJUK BERJANJI KUATKAN KOMISARIAT IPNU-IPPNU


Nganjuk – 
LP Ma’arif NU Nganjuk pasca dilantik terus menggenjot berbagai program untuk pemberdayaan dan pengembangan pendidikan. Pekan kemarin, LP Ma’arif NU Nganjuk mengadakan Workshop Guru Aswaja dan Ke-NU-an di PUSDIKLAT PW LP Ma’arif NU Jawa Timur. Menindaklanjuti diklat sebelumnya, kali ini LP Ma’arif NU Nganjuk menggandeng sekolah dan madrasah yang berafiliasi dengan LP Ma’arif untuk mengikuti Diklat Kelas Literasi di aula lantai 3, Gedung Sekolah Tinggai Agama Islam (STAIM) Kertosono, pada hari Sabtu, 11 Maret 2016 mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30 WIB. Acara yang diikuti lebih dari 50 peserta ini mendapatkan respon positif dari berbagai lembaga pendidikan yang notabenenya belum pernah mengikuti Diklat semacam ini karena termasuk diklat yang jarang diadakan.

Agenda diklat ini juga difasilitasi secara mandiri oleh LP Ma’arif NU Nganjuk. Fasilitator diklat juga merupakan guru-guru di bawah naungan LP Ma’arif yang telah lulus diklat di tingkat Jawa Timur. Ada hal yang menarik, baik pada waktu diklat di Sidoarjo maupun kemarin di Kertosono, yaitu keikutsertaan beberapa “Kiai dan Bu Nyai”. Beliau-beliau juga berkenan mengikuti diklat hingga usai, sebab beliau-beliau inilah yang mengampu mata pelajaran Aswaja dan Ke-NU-an di lembaga masing-masing. Peserta diklat antusias mengikuti pelatihan dengan berbagai metode pembelajaran sehingga diharapkan nantinya dapat diaplikasikan di satuan pendidikan masing-masing.

Pada sambutannya, Ketua LP Ma’arif NU Nganjuk, Zainal Arifin. M.Pd.I yang juga pembantu/wakil Ketua STAI Miftahul Ula Kertosono ini memaparkan gebrakan program LP Maarif di tahun ini. Di antara program-program tersebut adalah studi banding guru-guru LP Ma’arif, pendirian Ma’arif Mart, pembuatan draft evaluasi dan LK pembelajaran, pelantikan pengurus KKG dan MGMP LP Ma’arif NU di mata pelajaran Aswaja dan Ke-NU-an serta berbagai program yang lain. LP Ma’arif NU Nganjuk berharap nantinya sekolah dan madrasah yang bekerja sama dengan LP Ma’arif NU menanamkan secara konsisten nilai-nilai Aswaja dan ke-NU-an, cinta tanah air serta kepedulian sesama makhluk. Selain itu, LP Ma’arif NU Nganjuk juga menyambut baik permohonan kerja sama dari Ketua MGMP Aswaja dan Ke-NU-an MA/SMA untuk sama-sama saling mendukung pembentukan Komisariat IPNU-IPPNU pada sekolah dan madrasah yang berafiliasi dengan Ma’arif. Ke depannya, LP Ma’arif NU serta banom-banom NU, terutama IPNU-IPPNU dapat bahu membahu untuk mengawal dan mengembangkan Islam Rahmatan Lil Alamin, Aswaja An-Nahdliyah di negara tercinta ini.

(LP Ma’arif Nganjuk/JS)