• April 6, 2017
  • mediaipnu
  • 0

Taktik Jitu Lulus UN dan Lolos PTN

Hai teman-teman semua, khususnya kalian para calon wisudawan SMA/SMK/MA sederajat dimana saja. Mungkin akhir-akhir ini kalian sering galau, was-was, gelisah karena akan memasuki gerbang kelulusan yang harus melewati proses yang menguras tenaga, materi, dan pikiran kita. Ya, saya juga pernah mengalami hal itu serupa saat tahun 2014 lalu.

Tiga tahun lamanya menimba ilmu, hanya ditentukan oleh 4 hari oleh suatu ujian tulis, bagaimana tidak bikin kita galau? aduh ditambah kalian yang bercita-cita melanjutkan di bangku kuliah di Universitas Negeri. Sedari kita menduduki bangku kelas XII, beragam tugas menyerbu, jadwal Try Out sudah mengantri, kemudian persiapan UAS semester 5, lanjut dengan Ujian praktik, Ujian Akhir Sekolah/Madrasah, setelah itu puncak Ujian Nasional.

Sebelum UN, pasti gak bisa tidur. ya sama dengan saya. bahkan saya bolak-balik keluar kamar mandi. Setelah UN kita tenang, tapi ketenangan itu hanya sementara bukan? kita kepikiran hasil UN, lulus tidaknya dan seberapa besar nilainya. Bukan hanya hal itu, kita juga yang bercita-cita ingin kuliah pun bingung ingin mengambil jurusan apa di Perguruan Tinggi mana. iya kan? hayo ngaku. hehehe

Sebenarnya semua itu gak perlu kita takutkan dan bingungkan kok, apalagi sampai bunuh diri. Wow. jangan sampai guys. Terus gimana? pengen tau ya? hayo lanjut baca tulisan ini guys.

waktu kita itu 24 jam setiap hari guys. Sudah kita buat apa aja sih? pasti 75% waktu kita habiskan untuk bermain, atau buka medsos, sms an, BBM an, dan sebagainya. Hanya 25% kita gunakan untuk hal yang bermanfaat. Untuk Ibadah kepada Allah (bagi yang muslim) aja kita setiap hari cuman butuhkan 1 jam untuk Sholat wajib, namun sering kita lalaikan. Belajar kita tunda-tunda sampai menunggu tugas menumpuk dan kita terapkan jurus SKS (Sistem Kebut Semalam). Nah hal inilah yang buat urusan kita terbengkalai. Kita belum bisa memanajemen waktu kita dengan baik.

Pemasalahan inilah yang menyebabkan kita terjatuh akan nilai dan membuat drop atau pesimis kita dalam menghadapi Ujian Nasional dan seleksi PTN. Terus gimana?

Selengkapnya saya rincikan aja deh ya sobat bagaimana yang seharusnya kita lakukan.

  1. Manajemen waktu untuk aktifitas setiap hari dari sedini mungkin
  2. Selalu menaati aturan Agama yang berlaku. karena dengan hal itulah keberkahan dari yang Maha Kuasa melekat pada kita.
  3. Sisakan waktu 10 menit saja saat sepulang sekolah, membaca atau mengulas kembali materi yang telah diterangkan saat sekolah tadi.
  4. Kerjakan tugas tepat waktu.
  5. Selalu mencari info/up-to-date terhadap info seputar UN ataupun seleksi masuk PTN di sekolah maupun berita media massa.
  6. Jangan bikin ulah di sekolah dan jangan bikin guru jengkel. karena saat seorang Guru kesal dengan kita, bakal kemungkinan berpengaruh pada nilai ataupun proses kelulusan kita.
  7. Oh ya, sebenarnya ini yang utama. Sebelum hal diatas kita lakukan, kita juga harus meminta doa restu kepada kedua orang tua agar perjalanan kita selalu didoakan.
  8. Jangan terlalu santai tapi juga jangan tegang dalam menyikapi ujian atau kelulusan. Bikin santai dan fresh namun selalu kontinyu kita kerjakan.
  9. Jangan percaya dengan tawaran kunci jawaban soal UN. walaupun itu benar, pastinya dalam pelaksanaan UN, kita akan merasa ketakutan. lagian hal itu tidak dibenarkan oleh Agama dan Negara. HATI-HATI! Kualitas itu lebih penting dibanding kuantitas nilai kita.
  10. Persiapkan dari awal jika ingin melanjutkan kuliah. Dari awal sudah memprediksi kemampuan kita ada di bidang apa dan mampu tidaknya dalam segi mental, finansial, maupun pengetahuan.
  11. Jangan memilih jurusan yang memiliki grade tinggi dan di PTN yang ternama jika kita merasa tak mampu. bercita-cita tinggi itu boleh tapi harus menyesuaikan guys 🙂
  12. Jadi, cari tau dulu kapasitas jurusan yang akan kita pilih di Universitas yang kita targetkan.
  13. Untuk jalur SNMPTN, biasanya tidak boleh lintas jurusan. Misal dari SMA jurusan IPS mengambil prodi IPA, atau sebaliknya. Kemungkinan lolos itu sangat kecil karena nilai yang dibutuhkan suatu prodi pastinya tidak pernah ada dalam raport kita.
  14. Jalur SBMPTN/tulis, kesempatan kita yang berminat untuk lintas jurusan mungkin lebih besar namun kesempatan itu kita dapat jika kita benar-benar mempelajari contoh dan taktik ujian tulis SBMPTN.
  15. Sering-seringlah sharing dengan teman yang lebih lincah dari segi pelajaran yang kita maksud, sering berlatih soal-sooal, dan kalau yang punya dana lebih juga bisa menjalani bimbingan ataupun training SBMPTN yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga-lembaga.
  16. Selalu Optimis. selama ada Ikhtiar dan Doa, 75% dari mimpimu sudah bisa kau genggam. tergantung dengan niat dan amalmu.

Oleh: Durrotul Firdaus