• September 24, 2017
  • mediaipnu
  • 0

Magelang Jadi Tuan Rumah Perwimanas 2017

Magelang – Perkemahan Wirakarya Ma’arif Pramuka Nasional (Perwimanas) diadakan di Lapangan Tembak Salaman, Magelang, Jawa Tengah. Progam ini diadakan oleh Sako Ma’arif dan NU yang mendapat antusias dari masyarakat terutama dari kalangan NU dan masyarakat Magelang pada umumnya. Wirakarya Ma’arif Pramuka Nasional memiliki beberapa tujuan antara lain bina diri, bina sosial, dan bina generasi berkarakter untuk mewujudkan manusia yang bermartabat. Perwimanas sendiri  dibuka oleh presiden RI Joko Widodo pada 18 September 2017.

Pembentukan panitia dibagi menjadi tiga kelompok yaitu panitia lokal, panitia wilayah, dan panitia pusat dari Jakarta. “Persiapan sendiri sudah dimulai sejak satu tahun yang lalu, namun masih belum dirasa cukup karena banyak kekurangan yang terjadi.” ujar Triyadi, salah satu camat perkemahan putra. Pembentukan kepanitian sudah enam bulan yang lalu, pembentukan  memiliki tiga rancangan yaitu konsep, pelaksanaan, dan evaluasi. Bantuan dana yang terkucur selain dari NU juga dari sposor El-Zatta, salah perusahaan Hijab. Pemilihan dari petugas melalui tiga jalur pemilihan yaitu aklamasi, mufakat, dan mengajukan diri. Struktur pembentukannya dari yang terendah, mulai dari RT (pembina pramuka sendiri), Lurah, Camat, dan tertinggi Bupati.

Dari pihak panitia sudah mempersiapakan dua tangki truk dari PDAM dan bekerjasama dengan pemerintah setempat. Permasalahan lainnya yang muncul adalah masuk keluarnya anak laki-laki ke tenda  anak perempuan. “Kami melakukan patroli sesudah Isya’ disetiap tenda terutama tenda putri yang rawan pencurian, kami Banser siap bertindak tegas sesuai dengan mandat pemimpin” tungkas Rozak salah satu Banser yang bertugas di Perwimanas.

(Andre Atno/HF)