• Januari 14, 2020
  • Pimpinan Pusat IPNU
  • 0

Keputusan Hasil Konbes dan Rakernas IPNU 2019

Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Masa Khidmat 2018-2021 memiliki amanah hasil kongres untuk menyelenggarakan Konferensi Besar (konbes) dan Rapat Kerja Nasional (rakernas). Konbes dilakukan bertujuan untuk merumuskan peraturan organisasi dan peraturan administrasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, sedangkan Rakernas bertujuan untuk membahas isu-isu strategis dan program aksi secara nasional. Alhamdulillah kedua agenda tersebut telah diselenggarakan di pondok pesantren minhadlul ulum pesawaran Lampung pada tanggal 18-20 Oktober 2019.

IPNU sebagai organisasi kaderisasi, selain mewujudkan tertib administrasi, harus selalu mengembangkan sistem kaderisasi yang bisa diaplikasikan oleh seluruh tingkatan organisasi. Untuk itu mengelola organisasi dengan terarah, terukur, dan profesional akan melahirkan kader-kader yang memiliki kompetensi yang handal; organisasi yang lebih rapih, transparan, seluruh agenda kegiatan dan database tercatat dengan baik; dan tentunya organisasi yang berkelas di mata masyarakat dengan tanpa meninggalkan fitrahnya sebagai organisasi pelajar-santri yang memperjuangkan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan ala Nahdlatul Ulama.

Demi terwujudnya ikhtiar dalam mengembangkan organisasi yang lebih terstruktur, handal dan profesional, Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) Masa Khidmat 2018-2021 akhirnya dapat menerbitkan Buku Pedoman Organisasi manistasi dari hasil Konbes dan Rakernas IPNU Tahun 2019. Dalam buku ini juga terdapat Hasil Rapat Pleno PP IPNU berkaitan dengan Peraturan Pimpinan Pusat. Dengan harapan buku ini dapat didistribusikan ke seluruh tingkatan baik Pimpinan Wilayah (PW), Pimpinan Cabang (PC), bahkan Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Komisarian Perguruan Tinggi (PKPT), Pimpinan Komisariat (PK), dan Pimpinan Anak Ranting (PAR).

Dengan demikian Buku Pedoman Organisasi ini yang terdiri dari ; Peraturan Organisasi (PO) tentang Tata Kerja Organisasi, Peraturan Organisasi (PO) tentang Mekanisme Keorganisasian, Peraturan Organisasi (PO) tentang Persidangan dan Rapat, Peraturan Organisasi (PO) tentang  Tata Aturan Organisasi, Peraturan Organisasi (PO) tentang Identitas Organisasi, Peraturan Organisasi (PO) tentang Akreditasi Organisasi, Peraturan Organisasi (PO) tentang Klasterisasi Organisasi, Peraturan Organisasi (PO) tentang Database Organisasi dan Peraturan Organisasi (PO) tentang Pengadaan Kartu Anggota IPNU. Selain berisi tentang Peraturan Organisasi (PO) dan Buku ini juga terdapat Peraturan Administrasi, Sistem Kaderisasi, Peraturan tentang CBP serta RAN-RAW dan Rekomendasi. Hal ini diharapkan dapat membantu dan memberikan penjelasan yang lebih lengkap bagi setiap kader IPNU di seluruh penjuru Indonesia dalam rangka mewujudkan organisasi yang lebih tertib, terstruktur dan profesional.

Setiap kader dan struktur organisasi yang mengaku profesional, harus mampu menunjukkan kemampuannya berdasarkan pengalaman dan kompetensinya untuk mentaati apa yang sudah menjadi ikhtiar bersama dalam bentuk Pedoman Organisasi tahun 2019, yang merupakan hasil rumusan dari para pengurus di seluruh nusantara.

Menjadi bagian penting dalam penataan organisasi adalah ketaatan dan tertib dalam administrasi. IPNU merupakan organisasi besar yang memiliki aturan yang lengkap dan baik, namun kadang kala masih terdapat sebagain dari para pengurus, kader dan anggota yang lalai. Tidak akan maju sebuah organisasi tanpa ditopang dengan sistem dan tata kelola yang baik.

Dengan demikian Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) Masa Khidmat 2018-2021 berharap agar kader-kader IPNU di seluruh Indonesia menjadi kader-kader yang profesional dan taat organisasi serta mampu mengaplikasikan pengetahuan organisasinya dalam kehidupan bermasyarakat dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negaranya.

Semoga Allah memberikan perlindungan dan kekuatan dalam mengarungi kehidupan, sehingga kita mampu menjadi kader yang unggul dan diunggulkan seta handal dan diandalkan. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk melakukan pengabdian dan perjuangan di bawah panji IPNU. Amin

Wallahul muwaffiq ilaa aqwamiththarieq

Jakarta, 20 November 2019

PIMPINAN PUSAT

IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA

ttd     ASWANDI JAILANI Ketua UmumTtd     MUFARRIHUL HAZIN Sekretaris Umum

SILAHKAN DI DOWNLOAD DI SINI