• Juli 27, 2020
  • syakirnf
  • 0

Cegah Covid-19, PP IPNU Bagikan Seribu Masker dan Sanitasi Tangan

Jakarta, Media IPNU

Gugus Tugas Covid-19 Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) membagikan 1.000 masker dan sanitasi tangan (hand sanitizer) di wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada Ahad (26/7).

Ketua Gugus Tugas Covid-19 PP IPNU Irwan Suhendra menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya IPNU untuk mengurangi penyebaran virus yang tengah mewabah ini. Pasalnya, sampai saat ini kasus positif yang terkonfirmasi masih di atas angka 1.000 perharinya. Hal ini, tentu saja masih tinggi sehingga perlu penyadaran kepada masyarakat untuk senantiasa menggunakan pelindung paling minimal, yakni masker dan sanitasi tangan.

Kegiatan ini, menurutnya, sengaja dilaksanakan di tempat-tempat strategis guna menjangkau banyak orang yang berlalu-lalang. Adapun tempat yang dipilih antara lain di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jalan Kramat Raya, dan Jatinegara. Terlebih di tiga tempat pertama tersebut seperti biasa setiap pekannya terdapat banyak orang berolahraga.

Masyarakat menunjukkan sanitasi tangan yang telah diterima dari Gugus Tugas PP IPNU pada Ahad (26/7). (Media IPNU)

Anita, salah satu warga, saat diminta tanggapanya, menyatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan Gugus Tugas PP IPNU ini sangat baik dan sangat bermanfaat bagi warga masyarakat.

Senada dengan Anita, Ridho mengapresiasi kegiatan ini dengan memberikan semangat kepada panitia layaknya supporter bola kepada para pemain di lapangan. “Semangat! Semangat! Semangat! Kakak-kakak IPNU,” katanya.

Saat diminta pendapatnya, ia mengaku baru kali ini melihat organisasi anak-anak muda membagikan masker dan sanitasi tangan di Bundaran HI. “Mantap!” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP IPNU Aswandi Jailani mengatakan bahwa Gugus Tugas PP IPNU adalah upaya solidaritas bagi kader, pelajar, dan masyarakat untuk penanggulangan Covid-19. Mulanya, terangnya, gugus tugas ini hanya dibentuk sebagai langkah gerakan percepatan penanggulangan virus tersebut di lingkungan IPNU. Namun, ia segera memutuskan untuk memperluas jangkauan kemanfaatannya.

“Kita memang punya inisiatif untuk bikin satu gerakan percepatan penanggulangan Covid 19, awalnya kita khususkan untuk kader tapi kita perlebar ke ranah pelajar, pemuda, sampai masyarakat,” ujarnya.

Gugus tugas PP IPNU ini dilakukan sebagai upaya bahu-membahu pemerintah antara organisasi dengan pemerintah. Dalam hal ini, Irwan menyebut bahwa upaya ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Gugus tugas ini, lanjutnya, hanyalah sedikit upaya IPNU untuk menekan penyebaran dan menanggulangi Covid-19. Selebihnya, kita secara personal juga harus punya sikap preventif dan waspada agar tidak terpapar.

“Pokoknya stay health dan ikuti anjuran pemerintah, serta berdoa selalu agar wabah ini segera hilang,” pungkas Aswandi Jailani.

Kontributor: Syakir NF
Editor: M Hasyim Azhari