• Juli 28, 2020
  • syakirnf
  • 0

MPLS Pelajar NU Kota Salatiga Tidak Optimal dengan Sistem Daring

Salatiga, Media IPNU

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan agenda tahunan bagi peserta didik baru. Namun, sayangnya pada tahun ajaran kali ini kegiatan tersebut tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya.

Seperti yang dialami SMK Diponegoro Salatiga, salah satu lembaga pendidikan milik Yayasan Imaratul Madaris (Yaimam) yang berada di bawah naungan PC NU Salatiga, melaksanakan kegiatan MPLS secara daring, tentu hal ini tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yang diadakan secara tatap muka sebelum adanya Covid 19.

MPLS sendiri bertujuan sebagai ajang sarana pengenalan peserta didik baru di lingkungan sekolah, baik itu dengan guru, senior hingga karyawan dan sebagainya. MPLS dilaksanakan dengan berbagai macam bentuk kegiatan di dalamnya dan sudah menjadi agenda tahunan di setiap sekolah.

“Pelaksanaan MPLS tahun ini tidak dilaksanakan seperti tahun-tahun kemarin, karena memang adanya pandemi Covid-19, yang mengharuskan untuk dilakukan secara daring,” kata Budi Santoso, Waka Humas SMK Diponegoro Salatiga, Senin (27/7).

Menurut keterangan waka kesiswaan sekaligus ketua panitia, Adi Dwi Prasetyo, MPLS yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 Juli 2020 ini materi yang disampaikan antara lain adalah kesehatan di masa pandemi Covid 19, pendidikan karakter, kepemimpinan, keorganisasian, bussines, dan ke-NU-an.

“Menurut saya MPLS yang dilaksanakan secara daring kurang mampu menjangkau para peserta secara menyeluruh. Ada berbagai kendala yang terjadi, misal HP peserta tidak support dengan link daring yang disediakan,” ujarnya.

Selain itu, menurut Budi, ada peserta yang terkendala dengan jaringan yang buruk bahkan juga ada yang tidak memiliki WhatsApp.

“Tentu hal tersebut tidak bisa dihindarkan namun selain itu pihak sekolah dalam pelaksanakan MPLS daring ini berpedoman pada surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah, tentang penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh dan pelaksanaan libur akhir semester atau libur akhir tahun pelajaran 2019/2020,” pungkasnya.

Kontributor: Wahyu

Redaksi: Hasyim