• Agustus 4, 2020
  • syakirnf
  • 0

Gerakan Bersihkan Masjid ala Ranting Bangetayu Wetan Semarang

Semarang, Media IPNU

Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PR IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Bangetayu Wetan melaksanakan Gerakan IPNU IPPNU Bersihkan Masjid (GIBM). Hal itu dilakukan di Mushola Al-Utsman, Rt 04 Rw 03, Kelurahan Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah pada Ahad (2/8) pagi.

Ketua PR IPNU Bangetayu Wetan Hidayat mengungkapkan GIBM ini diadakan untuk mengisi kekosongan kegiatan di masa pandemi, sebagai pengalihan kegiatan di tingkat ranting yang sudah lama tidak terlaksana.

“Maka dari itu diadakanlah kegiatan yang ala kadarnya, bersih-bersih, sebagai sarana mengisi kebosanan di masa pandemi ini,” jelasnya.

Kegiatan ini, lanjutnya menjelaskan, dilakukan sebagai salah satu upaya merawat dan menjaga rumah Allah Swt. Karena ketika tempat ibadah itu bersih selain enak dipandang juga tentunya akan menambah kenyamanan seseorang dalam menjalankan ibadah.

“Untuk anggota IPNU membersihkan tempat wudhu dan kamar mandi serta memangkas rumput liar disekitaran halaman mushola, dan untuk anggota IPPNU mendapat bagian menyapu, mengepel, menjemur sajadah, sarung dan mukena, serta merapikannya kembali,” ungkap Dayat.

GIBM ini tidak lantas dilaksanakan semaunya tanpa koordinasi sebelumnya, namun tetap meminta arahan dan izin kepada ketua RW setempat. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini selain untuk promosi tentunya juga sebagai sarana menjalin silaturahmi.

Ketua RW 03 Slamet Riyadi menyarankan jika ingin mengadakan kegiatan ini kembali agar meminta ijin juga kepada ketua RT, ta’mir masjid, dan Mushola yang akan dibersihkan.

“Tidak harus masjid yang dibersihkan, yang jelas sekiranya tempat itu memang harus dibersihkan, silakan bersihkan saja,” saran Slamet.

Menurut keterangan Dayat, ranting Bangetayu Wetan ini memiliki sebuah jargon untuk mengobarkan jiwa semangat anggotanya. “Yo milenial, yo ngamal,” ucapnya menunjukkan dengan penuh semangat.

“Tentunya sebagai generasi milenial di era sekarang, kita juga harus memperbanyak amal dan mengabdi pada masyarakat dan lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Kegiatan ini dirasa sangat menyenangkan di samping bisa berkumpul sesama anggota, mengabdi pada masyarakat, dan juga tentunya sebagai ajang memperkenalkan IPNU IPPNU kepada masyarakat agar semakin dikenal.

Pewarta: Bahrul Alam
Editor: M Hasyim Azhari