• Agustus 17, 2020
  • syakirnf
  • 1

Moral dan Pengetahuan Modal Pelajar menjadi Bangsa Terbaik

Pandeglang, Media IPNU

Di tengah teknologi yang kian masif, moral menjadi hal penting yang harus dipegang kuat oleh pelajar selain pengetahuan guna menuju cita-cita sebagai bangsa yang baik.

Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) Akbarudin menyampaikan hal tersebut saat diskusi bertajuk ‘Pelajar Kreatif Indonesia Maju’ yang digelar oleh Pimpinan Cabang (PC) IPNU dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Pandeglang di Kampung Edukasi, Babunnajah, Pandeglang, Banten, pada Sabtu (14/8).

“Dengan ilmu pengetahuan dan etika yang baik, para pelajar akan mengubah status suatu bangsa menjadi lebih baik. Sebab, pelajar merupakan sosok insan akademis yang sedang menjalankan aktivitas pendidikan,” ujarnya.

Senada dengan Akbar, Kasi Pendidikan Masyarakat (Penmas) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang H Solekhudin menegaskan, kader IPNU dan IPM harus mampu menjawab tantangan zaman, tetapi dengan tetap mengedepankan moral.

“Kader IPNU dan  IPM adalah penerus bangsa yang harus memiliki akhlak mulia, yang harus mampu menguasai alat teknologi di era sekarang ini, tanpa mengesampingkan moral,” tegas H Solekhudin.

Sementara itu, Ketua PC IPNU Pandeglang Arul Nurhidayat Afandi mengatakan generasi penerus bangsa ke depan harus memiliki moral yang tinggi. Sebab, menurutnya, generasi yang akan datang itu bakal menjadi akar bangsa Indonesia di kemudian hari.

“Generasi penerus bangsa harus dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional dengan beberapa modal dasar,” kata Arul.

Modal dasar itulah yang membuat generasi penerus bangsa dapat menjadi agen perubahan peradaban sekaligus juga sebagai agen pengawas sosial.

“(Modal itu) yaitu kekuatan moralnya dalam berjuang, karena segala sesuatu yang dibuat berlandaskan pada gerakan moral yang menjadi idealismenya dalam berjuang,” katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten H Abdurrahman, Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang Ade Mulyadi, dan perwakilan dari Pimpinan Wilayah (PW) IPM Banten.

Kontributor: Bahri
Editor: Aru Elgete