• September 9, 2020
  • syakirnf
  • 0

Berwirausaha itu Harus Inovatif dan Kreatif

Malang, Media IPNU

Semangat berwirausaha di usia muda perlu ditumbuhkan untuk mewujudkan mahasiswa yang unggul di dalam segi akademik dan non akademik. Upaya-upaya untuk menanamkan jiwa wirausaha bagi generasi muda harus terus ditumbuhkan.

Hal inilah yang melatari diadakannya Seminar Kewirausahaan oleh Badan Usaha Mandiri Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kampus Pendidikan Khittah wa Khidmah Universitas Negeri Malang, pada Ahad (30/8) lalu.

Seminar kewirausahaan yang sebagian besar pesertanya adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang ini bertema ‘Peran Generasi Muda dalam Pengembangan Ekonomi Bisnis dan Industri Kreatif’. Pada kesempatan itu, dihadirkan pemateri sekaligus wirausahawan muda, Syamsu Dhuha.

“Hal yang terpenting itu harus inovatif dan kreatif. Jangan monoton ketika menggunakan media untuk promosi, bisa join (bergabung) dengan temannya yang ahli desain. Jadi, saling melengkapi,” ujar Syamsu Dhuha saat menyampaikaan materinya.

Menurutnya, mindset wirausaha harus dibentuk sedini mungkin, serta tidak ragu untuk memulai usaha dari hal kecil.

Untuk diketahui, Syamsu Duha adalah alumni Universitas Negeri Malang, jurusan Game Animasi (D3) yang lulus pada 2013, kemudian melanjutkan studinya (S1) jurusan Desain Komunikasi Visual yang telah selesai pada 2016. Ia pernah menjadi desainer di PT Emas Crop 2013. Kemudian hingga kini, Syamsu Dhuha adalah seorang direktur di CV Dhuha Inspiratif sejak 2016.

Selain itu, lanjut Syamsu bahwa punya brand dalam berwirausaha juga sangat penting. Syaratnya, visi-misi tujuan jelas, punya keunikan tersendiri, dan juga agar mengetahui minat dari konsumen.

“Intinya fokus pada usaha diri kita sendiri, jangan menjelekkan atau menjatuhkan bisnis orang lain, bangun relasi sebanyak mungkin,” pungkasnya.

Pewarta: Suciati Lia
Editor: Aru Elgete