• September 15, 2020
  • syakirnf
  • 1

Awali Perkuliahan dengan Cerdas, Kritis, dan Proaktif

Jakarta, Media IPNU

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir dan perkuliahan ajaran baru 2020 masih dilakukan secara daring, meski demikian mahasiswa (baru) harus tetap mendapatkan fasilitas pendidikan seutuhnya.

Hal itulah yang disampaikan Direktur Lembaga Komunikasi Perguruan Tinggi (LKPT) Pimpian Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) Moh. Toufikur Rozikin, Senin (14/9).

“Perkuliahan tahun ini memang berbeda namun proses perkuliahan harus tetap terlaksana dengan baik, jangan sampai pendemi ini menjadi kendala dalam proses perkuliahan. Tetap patuhi protokol kesehatan dan be smart with new normal,” ungkap pria asal Jawa Timur ini.

Ia mengajak mahasiswa baru di seluruh pelosok Nusantara agar mengawali perkuliahan dengan cerdas, kritis, dan proaktif meski dilaksanakan secara daring.

“Sebetulnya esensi dari proses perkuliahan seutuhnya ada pada diri mahasiswa itu sendiri, yakni seberapa maksimal (semangat) ia memahami materi perkuliahan,” ungkapnya.

LKPT PP IPNU, lanjut Taufik, mengucapkan selamat datang dan selamat belajar bagi seluruh mahasiswa baru di kampus pilihannya masing-masing.

Kemudian selain aktif dalam perkuliahan mahasiswa baru diharap juga aktif berorganisasi misal bergabung dan berkhidmat di Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU IPPNU.

“Organisasi adalah salah satu langkah mudah dalam proses mengenal iklim kampus. Organisasi juga bisa menjadi wadah sharing dan diskusi materi perkuliahan dan wawasan umum lainya dan tentunya juga menjadikan mahasiswa menjadi kritis dalam perkembangan zaman,” imbuhnya.

Tidak hanya untuk mahasiswa baru, Taufik juga menginstruksikan kepada PKPT IPNU di kampus manapun untuk aktif menjalankan organisasi baik daring maupun luring namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan. PKPT IPNU harus bisa menjadi wadah sharing dan belajar bari mahasiswa baru.

“Ayo kita bantu adik-adik mahasiswa baru dalam perkuliahan, kita harus proaktif komunikasi mendampinginya. Masing-masing PKPT harus punya call center agar menjadi jujukan konsultasi mahasiswa baru terkait info kampus dan proses perkuliahan,” pungkasnya.

Kontributor: LKPT PP IPNU
Editor: M Hasyim Azhari