• Oktober 6, 2020
  • syakirnf
  • 0

Ciptakan Kader Pemimpin, IPNU IPPNU Jepara Gelar Lakut

Jepara, Media IPNU

Latihan Kader Utama (Lakut) merupakan jenjang kaderisasi paling tinggi di Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Maka diharap peserta yang mengikuti Lakut ini menjadi kader pemimpin di manapun berada.

Hal itu disampaikan ketua Pimpinan Cabang IPNU Jepara, Nurus Salam, saat diwawancarai mengenai Lakut yang digelar di Pondok Pesantren Sadamiyah Guyangan Bangsri Jepara, Jawa Tengah, pada Kamis-Senin (1-4/10) lalu.

Acara yang digelar bersama Pimpinan Cabang IPPNU Kabupaten Jepara ini mengusung tema “Membentuk Kader Visioner, Progresif, dan Cendekia untuk NU dan Indonesia” dan diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari perwakilan kader IPNU-IPPNU di seluruh kecamatan yang ada di Jepara.

Lebih lanjut Nurus mengatakan, kader Lakut harus mampu menjadi motor penggerak kepemimpinan dan kaderisasi di wilayahnya masing-masing.

“Usai kegiatan Lakut ini, saya berharap kader lakut menjadi motor penggerak kepemimpinan dan kaderisasi baik itu ditingkat PAC, komisariat, atau ranting masing-masing,” imbuhnya.

Senada dengan Nurus, Ketua Kaderisasi Pimpinan IPNU, Khoirul Anwar, berharap (output) peserta dari kegiatan Lakut ini menjadi kader pemimpin dan menjadi kader utama.

“Jadi tidak hanya pelatihan formal, akan tetapi membentuk dan membuka mindset setiap individu kader agar mampu menerapkan nilai-nilai keaswajaan sebagai pisau bedah untuk bergerak di masyarakat,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut panitia menghadirkan 12 pemateri dari berbagai latar belakang seperti mantan ketua umum Pimpian Pusat GP Ansor, H. Nusron Wahid, Wakil Katib PWNU Jateng, DR. KH. Nasrullah Afandi, ketua yayasan Sadamiyyah, DR. KH. A. Maghfurin, Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma’arif, Wakil Ketua PCNU Jepara, H. Hisyam Zamroni, Komisioner KPU Jepara, Muhammadun, dan lain sebagainya.

Pewarta: Wafa
Editor: M hasyim Azhari