• Oktober 15, 2020
  • syakirnf
  • 0

Instruksi PP IPNU: Sukseskan Sensus Pelajar NU!

Jakarta, Media IPNU

Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) berupaya untuk mendata seluruh anggota dan kader IPNU. Melalui Surat Instruksi, PP IPNU meminta seluruh kepengurusan di setiap tingkatan turut menyukseskan pendataan tersebut.

“Setiap tingkatan kepengurusan harus mensukseskan Gerakan Sensus Pelajar NU melalui aplikasi siap.ipnu.or.id yang akan diluncurkan pada 28 Oktober 2020 (Hari Sumpah Pemuda) sebagai sistem teknologi informasi pelajar yang terintegrasi,” sebagaimana yang termaktub dalam surat yang ditandatangani pada Senin (12/10).

Ketua Bidang Organisasi PP IPNU Hasan Malawi menyampaikan bahwa pendataan pelajar merupakan hal penting dalam rangka penataan organisasi secara sistematis dan administratif. “Ikhtiar ini menjadi penting agar organisasi bukan hanya punya semangat secara ekspresi organisasi, tapi juga administrasi,” katanya.

Menurutnya, partisipasi anggota dan kader IPNU menjadi kunci sukses pendataan ini berjalan sebagaimana mestinya. “Kunci dari berjalannya agenda ini adalah partisipasi setiap kader dan kepemimpinan di berbagai tingkatan untuk bersama-sama terlibat dalam data melalui instrumen SIAP sensus pelajar,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Nasional Sensus Pelajar NU Muhammad Ishomuddin Haidar menegaskan bahwa sensus pelajar ini merupakan bagian dari menjalankan amanat Kongres dan Rakernas PP IPNU. “Maka menyukseskannya menjadi kewajiban bersama,” katanya.

Oleh karena itu, ia menyampaikan bahwa hal tersebut membutuhkan gerakan kolektif seluruh kader dan anggota IPNU, tidak bisa dilakukan secara parsial. Sebab, menurutnya, ini bukan hanya menjadi tugas PP IPNU atau PW IPNU saja, tetapi juga seluruh anggota dan kader IPNU.

“Ini juga bagian dari respon IPNU atas masuknya ‘Big data era’, di mana kita harus punya ‘data awareness’ karena ini menjadi bagian penting dari organisasi sebagai pijakan dalam pembuatan kebijakan untuk kemajuan organisasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Haidar menjelaskan bahwa web SIAP ini terintegrasi dengan pelajar NU Se-Indonesia. Setiap anggota dan kader mengisi data diri dengan mengakses SIAP NU di laman siap.ipnu.or.id.

Kemudian, data yang telah masuk itu akan dikonfirmasi oleh admin masing-masing cabang.

“Setelah semua cabang mengirimkan delegasi admin, akan diadakan bimtek (bimbingan teknis) khusus admin cabang,” jelasnya.

Pewarta: Syakir NF
Editor: Aru Elgete