• Januari 16, 2021
  • syakirnf
  • 0

Banjir di Kalsel, Banyak Kader IPNU yang Terdampak

Banjar, Media IPNU

Hampir seluruh wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami musibah banjir akibat hujan deras selama awal tahun 2021 ini. Dilansir dari Antara, hingga Sabtu (16/1) pagi terdapat 11 kabupaten/kota terdampak yang menyebabkan 19.452 rumah terendam banjir dan ribuan warga harus mengungsi.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kalsel Muhammad HS mengatakan, banyak kader IPNU yang terdampak musibah banjir tersebut.

“Hampir semua anggota kami terdampak banjir,” katanya, saat dihubungi Media IPNU, Sabtu (16/1) dini hari.

Menurut Muhammmad HS, pihaknya kesulitan untuk melakukan pendataan karena banyak anggotanya tidak bisa membuka handphone, sehingga untuk komunikasi pun susah.

Sementara itu, untuk anggota IPNU yang tidak terdampak banjir, saat ini diterjunkan ke lapangan untuk membantu proses evakuasi.

“Kita membantu sebisanya, karena memang di sini keterbatasan alat seperti perahu karet. Jadi bagi anggota yang tidak bisa berenang, ya tidak turun (ke lapangan) saja,” ujarnya.

Hal tersebut, imbuhnya, disebabkan karena curah hujan masih tinggi. Bahkan, di wilayah Banjar, tinggi air sempat mencapai atap rumah.

“Dampaknya lebih parah dari corona. Ini benar-benar lumpuh,” katanya.

Keadaan yang belum membaik itu membuat pihaknya meluncurkan gerakan “IPNU Peduli”. Melalui gerakan tersebut, IPNU Kalsel menerima donasi berupa bahan pokok seperti sembako, obat-obatan, air mineral, makanan, susu, dan mie instan.

Selain itu, kebutuhan seperti selimut, karpet, dan popok bayi juga sangat dibutuhkkan para korban banjir. Rencananya, pihaknya akan membuka dapur umum di beberapa kabupaten/kota.

Adapun bagi masyarakat yang ingin berdonasi dalam bentuk uang bisa mengirimkannya ke Bank BRI nomor rekening 0242-01-028481-53-3 atas nama PW IPNU KALSEL. Untuk koordinasi maupun konfirmasi donasi bisa disampaikan melalui nomor 0859-7435-0595 atau 0858-2139-7710.

Pewarta: Muhammad Fajar Sodik
Editor: Syakir NF