• Februari 15, 2021
  • syakirnf
  • 0

Harlah Ke-67, IPNU Kalbar Gelar Berbagai Lomba

Kalimantan Barat, Media IPNU

Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kalimantan Barat akan menggelar berbagai perlombaan dalam rangka memperingati Harlah IPNU yang ke-67 tahun. Hal itu dilaksanakan mulai tanggal 23 hingga 27 Februari 2021 di Desa Sungai Malaya, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Ketua PW IPNU Kalimantan Barat Rahmat mengungkapkan, peringatan harlah kali ini dikonsep dengan mengadakan berbagai cabang perlombaan rohani guna meningkatkan kekompakan antara kader IPNU.

“Acara ini bertujuan agar terciptanya kekompakan antar seluruh Pimpinan Cabang yang ada di Kalbar, dengan membangun solidaritas antara Pimpinan Cabang IPNU dan Ponpes se-Kalimantan Barat,” jelas Rahmat saat diwawancarai di kediamannya, Ahad (14/2).

Ia sangat berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan solidaritas antar sesama kader IPNU.

“Semoga para kader semakin maju, semakin solid, dan semakin istiqomah dalam menjaga nilai-nilai agama, bangsa, dan negara terkhusus bagi kader IPNU se-Kalimantan Barat,” harapnya.

Senada dengan hal itu ketua panitia, Imam Arifin juga menyampaikan bahwa pada momen Harlah IPNU yang ke 67 tahun ini diadakan berbeda dengan perayaan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Karena pada tahun ini PW IPNU Kalbar mengonsep sendiri peringatan Harlah IPNU yang dirangkai dengan berbagai lomba yang akan diikuti oleh kader se-Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Menurutnya, pada peringatan sebelumnya yang mengadakan hanya cabang di masing-masing kabupaten atau kota. Namun untuk tahun ini dilaksanakan secara serentak se-Kalimantan Barat yang diakomodir langsung oleh PW.

“Tidak hanya untuk kader IPNU dan IPPNU se-Kalimantan Barat saja namun para santri dari berbagai Pondok Pesantren yang ada di Kalimantan Barat diperkenankan untuk mengikuti,” jelasanya.

Karena, lanjut Imam, rangkaian cabang lomba ada yang khusus dan ada juga yang umum seperti baca kitab, pidato, hadrah, paduan suara, MTQ, dan MFQ.

Imam menuturkan acara ini digelar selain untuk peringatan Harlah IPNU yang ke-67, juga digelar dalam rangka peringatan hari Pahlawan Nasional Syaikhona Moch Kholil Bangkalan.

Mengingat masih dalam keadaan pandemi, ia menegaskan bahwa acara ini akan digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Saya berharap dengan digelarnya kegiatan seperti ini bisa menjadi penguat ukhuwah islamiah antar sesama kader IPNU se-Kalimantan Barat,” pungkasnya.

Penulis : Muhajir
Editor: M Hasyim Azhari