OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :(021) 3156480
Ikut Ipnuippnu, Apa Pentingnya?
Halal Bi Halal Keluarga Besar Warga Nahdliyin Um (24/07)

Malang – Masa belajar adalah masa paling tepat untuk mengasah skill, memperdalam ilmu, dan memperluas jaringan. Entah itu santri, pelajar SD/SMP/SMA, atu bahkan mahasiswa, tiga hal tersebut perlu diperkuat.

Lantas bagimana dapat memperoleh ketiganya? Di mana bisa mendapatkannya? Jawabannya adalah dengan bergabung dan mengikuti organisasi. Namun, ilmu yang ditawarkan setiap organisasi pasti berbeda. Sebagai pelajar yang secara kultur adalah anak dari orang NU, maka sangat penting untuk bergabung di IPNU-IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama).

Apa pentingnya? Apa saja yang IPNU-IPPNU tawarkan? Hal tersebut dapat dilihat dari fungsi, tujuan, dan usaha dari IPNU-IPPNU yang telah diatur dalam Peraturan Dasar organisasi.

Fungsi IPNU-IPPNU adalah:
> Wadah perjuangan pelajar Nahdlatul Ulama dan kepelajaran.
> Wadah kaderisasi pelajar untuk mempersiapkan kader-kader penerus Nahdlatul Ulama dan pemimpin bangsa.
> Wadah penguatan pelajar dalam melaksanakan dan mengembangkan Islam Ahlussunnah Wal-jamaah untuk melanjutkan semangat jiwa dan nilai-nilai Nahdliyyah.
> Wadah komunikasi pelajar untuk memperkokoh ukhuwah Nahdliyyah, Islamiyyah, Insaniyyah, dan Wathoniyyah.

Tujuan IPNU-IPPNU:
Tujuan IPNU adalah terbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, berakhlak mulia, berwawasan kebangsaan dan kebhinekaan serta bertanggungjawab atas terlaksananya syari’at Islam Ahlussunnah Wal-jamaah yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 demi tegaknya NKRI.

Tujuan IPPNU adalah kesempurnaan kepribadian bagi pelajar putri Indonesia sehingga akan terbentuk pelajar putri Indonesia yang bertaqwa kepada allah SWT, berilmu, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan serta bertanggung jawab atas tegak dan terlaksananya syari’at Islam menurut faham ahlussunah waljamaah dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Untuk mewujudkan tujuan IPNU-IPPNU di atas, maka IPNU-IPPNU melaksanakan usaha-usaha sebagai berikut.
> Menghimpun dan membina pelajar Nahdlatul Ulama dalam suatu wadah organisasi.
> Mempersiapkan kader-kader pemimpin militan yang berwawasan intelektual dan berjiwa spiritual sebagai penerus perjuangan bangsa.
> Mengusahakan tercapainya tujuan organisasi dengan menyusun landasan program perjuangan sesuai dengan perkembangan masyarakat (maslahah al ammah), guna terwujudnya khaira ummah.
> Mengusahakan jalinan komunikasi dan kerjasama program dengan pihak lain selama tidak merugikan organisasi.
> Mengembangkan sumber daya pelajar di berbagai sektor kehidupan.

Fungsi, Tujuan, dan Usaha di atas diwujudkan dalam bentuk agenda dan program kerja setiap kepengurusan di wilayah masing-masing. Mulai dari hal sederhana seperti pengajian rutin, sholawatan, membaca al barzanji, dibaiyah, tahlilan, yasinan, manaqiban, hingga pelatihan kepemimpinan, seminar nasional, lomba tingkat nasional, dan workshop-workshop untuk para pelajar.

Selama menjalankan prosea di IPNU-IPPNU, kita akan mendapatkan banyak pengalaman berharga yang tidak diperoleh di bangku sekolah, di bangku kuliah, dan di dalam madrasah. Kita akan merasakan indahnya perjuangan menjalankan setiap program kerja dan merasakan ‘kepuasan maksimal’ pasca kegiatan; mendapat ilmu keorganisasian dan kepemimpinan; networking (jaringan) semakin luas; dan tidak mudah emosi dalam menghadapi masalah karena saking seringnya terbentur masalah-masalah di organisasi.

Kemudian bagaimana cara bergabung di IPNU-IPPNU? Ikut Makesta! Ya. Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) adalah jenjang kaderisasi pertama untuk mengenal IPNU-IPPNU sekaligus gerbang awal untuk secara resmi menjadi anggota IPNU-IPPNU.

Tunggu apa lagi? Ayo gabung sekarang juga!
Selamat Belajar, Berjuang, Bertaqwa!

author IPNU Kab. Nganjuk

Nama saya Syarif Dhanurendra dan saya adalah Pelajar NU dari Kab. Nganjuk. Saya Ketua Ranting IPNU Desa Dadapan Periode 20122014, Waka Kaderisasi PAC IPNU Kec. Ngronggot 20142016, Tim Kaderisasi PC IP...

Komentar