• Januari 11, 2021
  • syakirnf
  • 0

IPNU IPPNU Lumajang Jalin Kekompakan Lewat Taaruf Camp

Lumajang, Media IPNU

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Lumajang gelar Taaruf Camp, Sabtu-Minggu (9-10/1).

Menurut ketua panitia, Rendik Firmansyah kegiatan yang digelar di Pantai Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Lumajang ini bertujuan untuk menjalin kekompakan dan silaturahmi antar pengurus PC IPNU IPPNU Lumajang masa khidmat 2020-2022.

“Sebagai ajang saling mengenal, silaturahmi, dan menyamakan persepsi antara satu sama lain. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan selain taaruf pengurus juga digelar Foccus Group Disscussion (FGD) yang membahas terkait pandangan atau gambaran program di masing-masing departemen dan lembaga kedepan,” ungkapnya.

Wakil Ketua 1 PC IPNU Lumajang, M Hasyim Azhari mengatakan bahwa pengurus harus dapat menciptakan program inovasi yang mampu menjawab tantangan dan perkembangan zaman.

“IPNU IPPNU sudah tidak lagi membahas konteks problem internal dan eksternal, tidak lagi membahas permasalahan klasik organisasi. Namun sudah saatnya mampu menjual produk unggulan dan inovasi,” ungkapnya.

Kedepan, Hasyim melanjutkan, IPNU IPPNU harus fokus pada suatu program untuk dikembangkan, disesuaikan dengan data yang ada pada FGD kali ini ada enam fokus program yang akan dieksekusi di Departemen Organisasi yakni literasi, pengabdian masyarakat, komunitas pelajar, program inovasi, data base, dan solusi inovasi.

Terkait literasi saja sudah saatnya setiap pimpinan mulai dari ranting hingga cabang menggugah kesadaran akan membaca, menulis, dan membuat karya untuk dimanfaatkan sebagai salah satu media pengembangan potensi kader.

“Bisa dengan membuat taman baca, atau perpustakaaan di masing-masing pimpinan. Atau lebih dari itu bisa menulis, membuat riset, dan karya ilmiah, ini cocok untuk kader yang berkhidmat di PKPT,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Sekretaris PC IPPNU Lumajang, Ikrima Maulydiyah menyampaikan bahwa hasil dari FGD ini akan menjadi bekal untuk dibawa ke Rapat Kerja Pimpinan Cabang yang akan dilaksanakan di akhir bulan Januari 2021.

“Sebab, jika tidak dipersiapkan sedari awal para pengurus dikhawatirkan tidak maksimal dalam menyusun berbagai program kerja dari masing-masing departemen dan lembaga,” ungkapnya

Meski tidak dihadiri oleh seluruh pengurus karena ada beberapa kendala acara tetap berjalan dengan lancar hingga selesai sesuai rencana.

“Salut banget sama semangat para pengurus yang luar biasa hingga pukul dua dini hari pun diskusi masih terus berlanjut,” pungkasnya.

Kontributor: Umroh Ul Aini
Editor: M Hasyim Azhari