You are here
CABANG NEWS 

IPNU IPPNU Nganjuk Selenggarakan ASWAJA CAMP III


Nganjuk Rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2017 di Kabupaten Nganjuk diawali dengan pelaksanaan Aswaja Camp ke-3 yang diselenggarakan di Lapangan Malangsari, Tanjunganom. Aswaja Camp kali ini dilaksanakan tanggal 07-08 Oktober 2017. Tidak kurang dari 350 peserta seantero Nganjuk mengikuti Aswaja Camp dengan antusias dan semangat. Agenda Aswaja Camp dibuka oleh Komandan Rayon Militer Tanjunganom mewakili KODIM 0810 Nganjuk. Hadir pula tamu undangan perwakilan dari Fatayat NU, GP Ansor, Muslimat NU, Banser, BPBD Nganjuk dan lainnya. Aswaja Camp diselenggarakan oleh Aswaja Centre NU, LP Ma’arif NU, LDNU, FKPP Brajamusti, DEMA STAIM dan PC IPNU IPPNU Kabupaten Nganjuk.

“Agenda Aswaja Camp merupakan agenda penting untuk memperdalam serta memperkenalkan ajaran Ahlussunnah wal jamaah kepada pelajar, terutama dalil-dalil amaliyahnya, agar kita tidak menjadi muqollid a’ma atau pengikut yang buta” tutur Kyai Budairi memberikan motivasi sebelum pelaksanaan Aswaja Camp. Aswaja Camp diselenggarakan dengan mensinergikan kegiatan kepanduan, kompetisi, amaliyah Aswaja, pengembangan wawasan keilmuan umum dan gemblengan kader pelajar Aswaja.

Kegiatan-kegiatan ini dimaksudkan memberi nilai plus-plus bagi peserta setelah pulang dari perkemahan. Kegiatan seperti istighotsah, sholat berjamaah, mujahadah, ijazah kubro, sholawatan dan lain sebagainya menjadi kegiatan pokok yang dipraktikkan setiap peserta di Aswaja Camp. Begitu pula kompetisi yang semuanya dikemas untuk pendalaman Aswaja, ada lomba puisi Aswaja, lomba artikel Aswaja, lomba kaligrafi dalil Aswaja dan lomba cerdas cermat Aswaja. “Sengaja semua kegiatan mulai pembukaan hingga penutupan dikemas dengan suasana santri. Pakaian yang dikenakan juga pakaian santri, kecuali ketika upacara. Lombanya bernafas Aswaja, kegiatannya pendalaman Aswaja, bahkan pulang peserta juga dibekali buku dalil amaliyah Aswaja. Bismillaah, ikhtiyar untuk membumikan Aswaja NU mulai dari tingkat pelajar” tutur Gus Fauzi selaku salah satu inisiator Aswaja Camp.

Ada juga yang beda di Aswaja Camp kali ini. Yel-yel yang diteriakkan seluruh peserta adalah yel yang sedang gencar di NU yakni NU, NKRI, Pancasila dan Nderek Kyai sampai mati. Semua peserta ketika berkumpul juga berkali-kali menyuarakan Mars Syubbanul Wathon gubahan Kyai Wahab. Selain itu, 35 kader pelajar penggerak Aswaja juga telah dikukuhkan sendiri oleh Kyai Bisri Hisyam selaku ketua PCNU Nganjuk sekaligus menjadi pembina upacara penutupan di agenda yang penuh berkah ini.

Kontributor: Irvan Kaze/HF

PC IPNU Kabupaten Nganjuk

Related posts

Leave a Comment