OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :(021) 3156480
Lakmud Pac Ipnu Ippnu Kesugihan
Foto Kegiatan

Sebagai organisasi yang barafiliasi pada organisasi induk, IPNU IPPNU haruslah menciptakan kader-kader yang nantinya akan melanjutkan khidmat pada NU. PAC (Pimpinan Anak Cabang) IPNU IPPNU Kecamatan Keseugihan contohnya, pada Jum’at (31/8) mereka melaksanakan pelatihan kaderisasi formal yaitu LAKMUD (Latihan Kader Muda).

Acara yang berlangsung tiga hari dua malam itu dihadiri oleh peserta tiap-tiap ranting di Kecamatan Kesugihan dan ranting maupun anak cabang dari luar Kesugihan. para peserta sangat antusias mengikuti acara yang bertempat di MI 01 YABAKI Kesugihan.

Dikarenakan hal pengkaderan sangatlah vital bagi organisasi IPNU IPPNU, PAC Kesugihan melaksanakan acara LAKMUD dengan harapan nantinya dari pelatihan tersebut menghasilkan para kader yang militan dalam menggerakan roda organisasi. Ketua PAC IPNU Kesugihan, Muhammad Musyafa mengatakan “LAKMUD ini bertujuan menghasilkan kader-kader yang lebih berkualitas, sesuai dengan temanya ‘Merajut Militansi Dalam ProgresivitasKaderisasi ‘, para peserta nantinya diharapkan menjadi kader yang berjiwa militan, peserta yang telah mengikuti LAKMUD adalah kader yang siap menggerakan organisasi, tidak lagi digerakan atau hanya mengikut.”

Di dalam pembukaan acara, peserta Latihan Kader Muda juganmengikuti Stadium general tentang deradikalisasi, atau mencegah masuknya faham radikal. Stadium General dihadiri beberapa jajaran aparat keamanan negara dan narasumber ahli. Salah satunya yaitu AKBP Asep Kusnadi, Kepala Polsek Kecamatan Kesugihan. Dia mengatakan bahwa sudah banyak para pemuda khususnya pelajar yang terpengaruh paham radikalisme, mereka para pemuda berkeyakinan bahwa Pancasila sudah tidak relevan lagi diterapkan di Indonesia.

“Ingat! Pancasila bukanlah agama, jadi sangatlah salah mereka yang mengatakan Pancasila tidak Islami, karna Pancasila bisa masuk di setiap agama, termasuk Islam, bahkan Pancasila adalah paham kenegaraan yang sangat Islamis,” lanjut Polisi kelahiran Kota Kuningan itu.
Menurut data dari pengurus, Kesugihan terakhir kali mengadakan acara LAKMUD pada tahun 1994. Dua puluh tahun lebih Kesugihan vakum dalam hal pendidikan kaderisasi. “Walaupun acara ini adalah yang pertama setelah sekian lama, diharapkan para alumni pelatihan bisa melanjutkan hal serupa dikemudian hari, sehingga regenerasi organisasi tidak akan mati seperti dahulu,” kata ketua PAC IPNU Kesugihan yang akrab dipanggil Gus Mumu.

Acara LAKMUD ini sangatlah berkualiatas, disamping berisi tentang materi-materi yang sangat vital dalam menjalankan organisasi, juga terdapat dialog antara peserta dan narasumber ahli tentang faham radikalisasi.

Acara yang dihadiri oleh pengurus dan intstruktur PW IPNUIPPNU Jawa Tengah berakhir dengan melafalkan janji suci Panca Satya, atau lima janji yang harus dilaksanakan setelah acara LAKMUD.

author IPNU Kab. Cilacap

Nama saya Dyaz Choirul Bachtia dan saya adalah Pelajar NU dariKab. Cilacap

Komentar