OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :08155555754
Lawan Radikalisme, PP IPNU Buka Kelas Menulis Daring

Persaingan global dalam berbagai bidang sudah tak lagi terelakkan dengan hancur-hancurnya sekat-sekat geografis yang kian hari kian canggih. Tak ayal, dunia maya sudah menjadi wadah yang tak bisa ditolak kehadirannya sebagai media penghubung dengan berbagai hal. Di tengah persaingan itu, pelajar yang masih berada di fase remaja rentan terancam stabilitasnya.

Dalam rangka mendampingi dan menyiapkan generasi pelajar untuk menghadapi itu semua, Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) tengah mencanangkan program Kelas Menulis Kreatif Intensif untuk kalangan santri, pelajar, dan mahasiswa. Program ini digagas oleh Lembaga Pers dan Penerbitan PP IPNU yang sadar akan pentingnya literasi dalam mengawal moderasi di kalangan pelajar.

Direktur Lembaga Pers dan Penerbitan (LPP) PP IPNU M Syakir Niamillah mengungkapkan bahwa program ini juga sekaligus sebagai upaya menangkal paham radikalisme di kalangan pelajar yang salah satu penyebabnya adalah melalui narasi-narasi di dunia maya.

“Kelas ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi guna membuat kontranarasi radikalisme di dunia maya,” katanya pada Senin (12/8).

Ia sangat mengharapkan upaya ini berdampak pada perilaku toleran serta mampu menepis jauh-jauh paham atau tindakan radikal di kalangan pelajar. Para peserta yang mengikuti program ini diharapkan pula mampu menjadi pelopor pembaharuan yang mengampanyekan moderasi di kalangan pelajar.

Adapun persyaratan untuk mengikuti Kelas Menulis Kreatif Intensif adalah sebagai berikut.

  1. Persyaratan umum
  2. Santri, pelajar, dan mahasiswa
  3. Anggota IPNU
  4. Berusia 16-23 tahun
  5. Aktif bermedia sosial
  • Persyaratan khusus
  • Riwayat hidup (curriculum vitae)
  • Surat rekomendasi dari pimpinan cabang atau pimpinan wilayah IPNU
  • Sertifikat MAKESTA
  • Motivasi keikutsertaan. Ditulis maksimal 300 kata.
  • Contoh tulisan yang pernah atau belum dipublikasikan.

Calon peserta wajib mengisi data diri dan mengirimkan semua persyaratan melalui http://bit.ly/31sqazC sebelum Kamis, 15 Agustus 2019 pukul 23.59 WIB. Peserta yang lolos seleksi dokumen akan diwawancara pada Jumat dan Sabtu, 16-17 Agustus 2019. Kelas Menulis Kreatif Intensif ini akan dilakukan melalui media daring.

Program ini akan diselenggarakan selama dua pekan dengan empat kali pertemuan. Kegiatan ini terbatas hanya untuk 10 peserta. Para peserta ini nantinya diwajibkan untuk membuat majalah sebagai sebuah hasil yang otentik. (Ahmad Subhan Ainurrofiq/Syakir NF)

author IPNU Jakarta Pusat

Belajar Berjuang Bertaqwa

Komentar