OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :(021) 3156480
Murid SMP NU 01 Berbasis Pesantren Bojong Wajib Ikut IPNU IPPNU

Tegal – Organisasi merupakan hal vital dalam kehidupan. Dengan organisasi realisasi program yang telah direncanakan dapat terwujud. Sekolah adalah wadah utama dalam menyampaikan komunikasi yang baik. Bukan hanya materi, siswa juga harus bisa untuk mempraktikannya. Transfer ilmu dengan metode talaqqi (bertatap muka) menjadi modal utama pembentukan karakter pelajar.

Secara umum, Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan tempat pertama pelajar melakukan komunikasi dengan orang yang berbeda daerah. Jika di Sekolah Dasar (SD) pelajar hanya berkomunikasi dengan teman antar desa, ditingkat SMP pelajar berkomunikasi dengan orang yang berada diluar desa bahkan luar kabupaten.

Ragam karakteristik anak yang dipengaruhi oleh faktor keluarga maupun lingkungan tempat tinggal menjadikan SMP sebagai masa-masa emas pembentukan karakter. Komunikasi dengan orang yang berbeda daerah menjadikan wawasan semakin luas. Organisasi merupakan wadah penyatuan karakter yang berbeda-beda. Pada tingkatan SMP, siswa mulai diajarkan agar aktif dalam berorganisasi. Bukan hanya untuk menyatukan, tapi untuk mengasah serta memperkaya pengetahuan.

OSIS, PMR, Pramuka, Rohis adalah organisasi yang bisa dikatakan wajib bagi tiap sekolah. Anehnya organisasi keagamaan seperti IPNU dan IPPNU hanya bisa dijumpai pada sekolah-sekolah tertentu. Organisasi keagamaan kalah eksistensinya dengan organisasi non-keagamaan.

Sebagai sekolah berbasis pesantren dan berafiliasi faham ahlussunah wal jama’ah an nahdliyah, SMP NU 01 Berbasis Pesantren Bojong mewajibkan seluruh siswa untuk menjadi kader IPNU IPPNU. “Kami ingin menyiapkan kader-kader muda NU, serta sebagai ikhtiar untuk menanamkan nilai-nilai ahlussunah wal jamaah” tutur Kamal Fuadi selaku kepala sekolah.

Sosialisasi IPNU IPPNU dipandu oleh sekitar 20 rekan rekanita pengurus PAC IPNU IPPNU Bojong. Acara yang dilaksanakan pada Jum’at, (22/9) berlangsung dengan lancar. Dalam sambutannya, rekan Heri Supriyadi menyampaikan sejarah berdirinya IPNU IPPNU. IPNU IPPNU menjadi angin segar di SMP NU 01 BP Bojong. Antusiasme siswa saat sosialisasi menjadi bekal berjalannya IPNU IPPNU di SMP NU 01 BP Bojong.

(M. Afifudin/HF)

author IPNU

Saya Ipnu dari

Komentar