OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :(021) 3156480
Pc Ipnu Ippnu Pesawaran Peringati Kemerdekaan Ri Dengan Acara Khas Nu
Foto Diambil Saat Mahalul Qiyam Dilanjut Dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia, Mars Syubbanu...

Pesawaran: Masih dalam suasana kemerdekaan, diberbagai tempat diadakan kegiatan-kegiatan peringatan hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI). Tak mau ketinggalan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) juga melakukan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia dengan melaksanakan kegiatan khas NU, Minggu (19/8/2018).

“Acara istighotsah dan gema sholawat ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI, ini merupakan acara perdana yg digelar PC IPNU IPPNU Pesawaran. Ini merupakan salah satu kontribusi nyata pelajar NU untuk mendo’akan pahlawan Indonesia yang gugur di medan juang dan mendoakan bangsa ini tentunya”. Ungkap ketua pelaksana rekan Miftahudin.

Senada dengan ketua pelaksana, ketua PC IPNU Pesawaran, rekan Ahmad Nur Fuadi menambahkan, ” istighotsah dan gema sholawat ini juga merupakan bentuk pelestarian tradisi aswaja An-nahdliyah yang diajarkan di Nusantara ini khususnya. Mendo’akan para pejuang kemerdekaan RI, mendo’akan bangsa ini agar terhindar dari bencana, bahaya, perpecahan, dan mendo’akan saudara-saudara kita yang terkena musibah semoga diberikan kesabaran.

Selain itu,  kyai Muhammad jawahir pengasuh pondok pesantren Roudlotul Huda Al-islamy Sidomulyo kecamatan Negerikaton kabupaten Pesawaran, merupakan salah satu pembina IPNU Pesawaran. Dalam mau’idloh hasanah menyampaikan tentang mensyukuri kemerdekaan.

“kemerdekaan RI adalah hasil dari perjuangan para pejuang kemerdekaan dan nikmat bagi kita. Karena nikmat itulah maka dalam mengisi kemerdekaan ini dengan bersyukur. Cara mensyukurinya ada 3, dalam bahasa pelajar dot disebut syukur secara afektif, kognitif dan psikomotor,”ujarnya.

“Selanjutnya, IPNU IPPNU harus banyak mengambil pelajaran dari muassis NU, betapa hebatnya perjuangan beliau untuk berjuang memerdekakan RI. Mulai dari Nahdlatul Wathan, Nahdlatul tujjar dan tasfirul afkar, dan kemudian lahirlah NU. Peran NU turut  memperjuangkn kemerdekaan diantaranya, KH Hasyim Asy’ari menjadi departemen agama pada masa Jepang, KH Wahid Hasyim yang ikut dalam persiapan kemerdekaan dalam BPUPKI, dll. Sehingganya, sampai dengan saat ini NU masih setia untuk menjaga dan mendampingi bangsa ini,” tambahnya.

“IPNU IPPNU sebagai generasi muda NU harus mencontoh perjuangan beliau, karena kedepannya kalianlah pelajar saat ini yang akan menjadi pemimpin di masa depan, menggantikn pemimpin-pemimpin yang sekarang ini. Selanjutnya, beliau menghimbau mengajak untuk mengisi kemerdekaan dengan melakukan tugasnya masing-masing. Pelajar tugasnya belajar maka harus bljar, guru tugasnya mendidik ya harus mendidik tanpa mikirin ini itu, pemerintah tugasnya mngayomi masyarakat, dll,” tambahnya lagi.

Tak lupa dalam acara tersebut seluruh tamu undangan, menyanyikan lagu Indonesia raya, 17 Agustus 45, Dan dilanjutkan dengan mars Syubbanul Wathon dan mars IPNU IPPNU setelah selesai pembacaan istghotsah dan sholawat. Yakni, saat mahalul qiyam.

Acara tersebut dilkdilaksan di aula Islamic Center Pesawaran dan dihadiri oleh PW IPNU IPPNU lampung,PCNU kabupaten Pesawaran, badan otonom NU, pimpinan ponpes dan pelajar-pelajar se-pesawaran.

author IPNU Kab. Lampung Selatan

Nama saya Ahmad Nur Fuadi dan saya adalah Pelajar NU dariKota Metro

Komentar