OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :(021) 3156480
Pramuka Bagian Dari IPNU IPPNU Komisariat MA Nurul Huda Medini

Kudus – MA Nurul Huda Medini, Kabupaten Demak selalu mendukung penuh semua aktifitas IPNU IPPNU sehingga semua kegiatan tak terlepas dengan IPNU IPPNU. IPNU IPPNU yang mulai ada sejak 2005 sampai sekarang menjadi organisasi utama yang menggantikan OSIS, baru selanjutnya organisasi lainnya.

Kemarin, tepatnya tanggal 3-5 September 2017 MA Nurul Huda Medini melaksanakan kegiatan Pramuka yaitu HUT Gudep ke-22 sekaligus Pengambilan Badge Ambalan (PBA) dan Pelantikan Bantara Ambalan Sunan Kalijaga dan Ratu Kalinyamat di Bumi Perkemahan Kajar, Kudus. Kegiatan pramuka ini juga tak terlepas dengan keterlibatan IPNU IPPNU didalamnya karena yang ikut pramuka baik panitia maupun peserta sebagian besar mengikuti IPNU IPPNU.

Organisasi pramuka umumnya berdiri sendiri, tapi di MA Nurul Huda Medini pramuka adalah bagian dari departemen kepanduan di Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU MA Nurul Huda Medini dan itu juga berlaku di organisasi lainnya. Dukungan kepala madrasah yang mengedepankan IPNU IPPNU menjadikan eksistensi IPNU IPPNU semakin dikenal masyarakat khususnya di sekitar madrasah tersebut.

Kepala madrasah sering mengandalakan pengurus IPNU IPPNU untuk membantu kegiatan-kegiatan dilingkup MA maupun dilingkup yayasan. Pendapat kepala madrasah yang menganggap kegiatan kemarin (pramuka) itu juga kegitan IPNU IPPNU. “Kegiatan ini (pramuka) adalah bagian dari kegitan IPNU IPPNU, karena didalamnya terdapat banyak IPNU IPPNU yang aktif di pramuka” kata beliau.

Salah satu alumni gerakan pramuka yang dulu menjadi ketua komisariat dan juga pernah jadi ketua PAC berpendapat kalau pramuka bagian dari IPNU IPPNU. “Pengurus IPNU IPPNU pasti pramuka, tapi pengurus pramuka belum tentu ikut IPNU IPPNU. Karena pramuka bagian dari kegiatan IPNU IPPNU MA Nurul Huda Medini” ujar Mustaqim, alumni gerakan pramuka.

Kegiatan yang diikuti 180 peserta HUT Gudep ke-22 ini pun dibantu alumni gerakan pramuka untuk menyukseskan acara tersebut. Alumni gerakan pramuka MA Nurul Huda yang hadir punya jiwa loyalitas dan cinta almamater mereka. Mereka juga alumni dan pengurus IPNU IPPNU di berbagai jenjang (PR, PAC, PC). Siapa sangka alumni gerakan pramuka MA Nurul Huda Medini yang hadir ada yang menjadi ketua PAC IPNU Gajah yang sudah demisioner rekan Mustaqim dan ada yang masih menjabat ketua PAC IPNU Gajah yaitu rekan Muhibatul Ikhsan (alumni gerakan pramuka 2015) dan ada rekanita Siska Setyawardani sebagai ketua PAC IPPNU Gajah yang sekarang masih belajar di madrasah tersebut.

Keamanan juga berbeda dengan kegiatan pramuka umumnya, karena keamanan perkemahan ini dibantu ketua DKC CBP Demak, komandan Fata Yasin dan perwakilan DKAC CBP Kecamatan Gajah yang telah menyempatkan hadir dan membantu untuk mensukseskan acara tersebut.

Kontributor: M. Choirul Anwar/HF

PC IPNU Kabupaten Demak, Jawa Tengah

 

author IPNU

Saya Ipnu dari

Komentar