You are here

PROFIL


cropped-logo-ipnu-2.png

Ikatan Pelajar Nahdlatul ulama (IPNU) merupakan Organisasi Kepemudaan dan keterpelajaran yang mempunyai jenjang pengurus cabang di 430 Cabang dan 30 provinsi di seluruh Indonesia, tiap-tiap cabang memiliki pengurus, anak cabang ditingkat kecamatan, ranting ditingkat desa/Kelurahan dan Komisariat ditingkat sekolah. secara nasional anggota ipnu saat ini berjumlah kurang lebih 350 ribu dengan asumsi masing-masing cabang memiliki kader sekitar 100 orang.

KONGRES
KONGRES BOYOLALI

Secara Setruktural keorganisasian Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) merupakan salah satu badan otonomi Nahdlatul Ulama, yang merupakan organisasi islam terbesar di Indonesia, yang terkenal dengan konsep moderat dan tolerannya. IPNU lahir pada tahun 1945 di semarang dan kini berkantor di graha PBNU lt. 5 Jl. Keramat Raya No. 164 Jakarta.

Pada tanggal 09 Desember 2015 lalu, IPNU baru melaksanakan Konres XVIII yang dilaksanak di Asrama haji Donohudan Boyolali Jawa Tengah, yang dihadiri oleh lebih dari 3000 kader di seluruh Indonesia, dengan jumlah pemilih tetap 436 suara, baik cabang maupun wilayah, selain menghasilkan kepemimpinan yang baru, kepengurusan PP IPNU masa Khidmat 2016-2018 dengan ketua umum Rekan Asep Irfan Mujahid, kongres juga merekomendasikan banyak hal, setrategis terkait dengan pengembangan IPNU yang diataranya adalah ” penataan Administrasi dan perkuatan dibidang kaderisai, sebagai banom NU, IPNU merupakan garda terdepan, generasi penerus Nahdlatul Ulama, sehingga perlu adanya penguatan kaderisasi sebagai dasar pondasi untuk para kader IPNU pada khususnya,

9Sebagai Organisasi Kepemudaan ikatatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) tidak bisa bergerak sendirian dalam melaksanakan program-programnya, kerjasama dengan berbagai fihak baik dengan instansi kepemerintahan maupun swasta sebagai mitra kerja merupakan hak yang sangat penting demi berjalannya program kerja IPNU, oleh karenanya IPNU terus membangun sinergisitas dengan fihak-fihak yang memiliki komitmen dalam memperdayakan kalangan muda. sinergisitas itu tentunya dilakukan dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan sesuai dengan kesepakatan.

IPNU membuka pintu seluas-luasnya kepada semua fihak yang ingin bersama-sama bergerak membangun bangsa. IPNU tidaklah Ekslusif dan menutup atau bahkan alergi untuk bekerjasama dengan kalangan manapun, dengan syarat mempunyai kesamaan Visi dengan IPNU yakni “Pendidikan untuk pemberdayaan kaum muda pelajar dan santri.

Untuk pengembangan kerjasma lembaga, pertama kali yang mutlak dilakukan setiap organisasi, adalah kemampuan membangun hubungan baik dengan sesama. Silaturrahmi yang baik dengan sesama merupakan kunci kesuksesan bekerjasama.

35Tidak bisa membangun hubungan atau kerjasama bila tidak bisa membangun Silaturrahmi yang baik antar sesama. untuk mencapai kerjasama itu tidak terbatas pada upaya menjalin pada hubungan kerja atau silaturahmi amal yang ditingkatkan pada hubungan usaha (Silatul ikhtiar) 

Melalui peningkatan hubungan kerjasama, pembenahan administrasi, dan penguatan kaderisasi diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang produktif bagi pembangunan sebuah lembaga. Bila proses-proses hubungan antara sesama, administrasi tertata dengan rapih, dan penguatan kaderisasi dari tingkat komisariat hingga tingkat pusat sudah dilalui, maka akan terbentuk suatu lembaga yang solid yang dinamis, dalam membangun itu semua perlu adanya kerja keras, terbuka dan mau bekerja sama. Oleh karena itu Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatui Ulama (PP IPNU) akan terus aktif dalam membenahi penataan administrasi, penguatan kaderisasi didaerah-daerah, dan membangun hubungan baik dengan instansi pemerintah, Ormas, Orpol, dan lembaga-lembaga sosial yang mempunyai visi dan tujuan yang sama, itu semua akan menjadi target kerja Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dalam menjalankan agenda kerja tahun 2016-2018.