OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :(021) 3156480
Pw Ipnu Jateng Selenggarakan Workshop Kaderisasi
Foto Bersama Peserta Workshop Kaderisasi Dengan Senior Pw Ipnu Jateng

Demak,ipnu.or.id
Pimpinan Wilayah IPNU Jawa Tengah selenggarakan Workshop kaderisasi untuk PC IPNU se-Jawa Tengah yang diselenggarakan di hotel @hom Kudus pada Sabtu (25/8). Acara dihadiri senior dan pembina PW IPNU Jawa Tengah seperti rekan Mujiburrohman (pengurus PP IPNU 2005 & sekarang pengurus PP GP ANSOR), rekan Muhaimin (Ketua PW IPNU JATENG 2010-2013), rekan Amir Mustofa Zuhdi (2013-2016) dan rekan Dwi Saifullah (kader PW IPNU Jawa Tengah yang sekarang menjabat di bidang kaderisasi PP IPNU).
Workshop kaderisasi ini fokus pada kaderisasi dan sistem administrasi yang disampaikan oleh narasumber-narasumber yang hadir. Kegiatan di hadiri dari PC IPNU di Jawa Tengah yang hadir mulai pukul 15.00 WIB dan dibuka sore hari dengan wawasan kebangasaan dengan bekerjasama dengan KESBANGPOL JATENG sebelum malamnya dilanjut workshop kaderisasi.
Workshop sendiri dimulai pukul 20.30 WIB dengan pemateri utamanya rekan Mujib (panggilan akrab Mujiburrohman) yang cukup menyampaikan panjang lebar tentang kaderisasi di Jawa Tengah. Rekan mujib sendiri berkecimpung di IPNU mulai 1987 sampai 2005 dengan jenjang paling bawah (ranting) sampai paling atas (pimpinan Pusat) di IPNU, sehingga beliau banyak pengalaman tentang perjalanan kaderisasi di Jawa Tengah khususnya.
Rekan mujib menekankan kepeda peserta workshop untuk menjadikan kaderisasi hal terpenting di IPNU, seperti yang diucapakan.
“Jadikan kaderisasi menjadi ruh organsiasi di IPNU”, ucapanya, saat menyampaikan materi.
Beliau juga terus menyampaikan tentang kaderisasi, tpi memang realitanya IPNU adalah proses kaderisasi NU yang pertama yang harus disiapakan kualitasnya dan kuantitasnya. Untuk kuwantitas IPNU sudah jelas, karena menjadi organisasi pelajar terbesar di Indonesia.
Kader IPNU juga ditekankan untuk aktif ikuti perkembangan zaman yang serba digital dan semua serba cepat dengan modal gedget. kader juga harus waspada dengan mulai banyaknya ormas dan aliran-aliran lain yang mulai menggerus dan memfitnah semua yang berafliasi ke warga Nahdliyin / Nahdlatul Ulama dan harus berfikir aktif untuk menyiapkan setrategi menangkal berbagai masalah di media sosial.
Satu hal terakhir yang disampaikan beliau adalah taat kepada pimpinan. Maksudnya adalah kader atau pengurus harus taat dan tunduk dengan semua keputusan ketua atau jennjang diatasnya, karena itu bagian pimpinan dipilih dan disepakati semuanya di awal periode.
“Ketua yang menjadi pimpinan harus diataati. Seperti pengurus ranting harus taat dengan ketua ranting, berajalan ke kanan ya harus ikut ke kanan, ke kiri ya ke kiri. Dan juga ranting harus taat kepada Pac, PAC taat ke PC, PC taat kepada PW dan PW beserta semua IPNU di Nusantara harus taat kepada PP IPNU” ucapnya, diakhir materi rekan mujib.
Materi dilanjut oleh senior rekan Muhaimin, rekan Amir Mustofa Zuhdi dan rekan Dwi Saifullah untuk menambahi materi yang disampikan rekan mujib dan sharing pengalaman kaderisasi dari periode seblumnya. (mca)

author IPNU Kab. Demak

Nama saya M. Choirul Anwar dan saya adalah Pelajar NU dari Kab. Demak Koordinator Departemen Dakwah, Komunikasi dan Informasi PC IPNU Demak 20172019

Komentar