OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :(021) 3156480
Silatnas Komisariat Perguruan Tinggi Ipnuippnu Digelar Di Kota Apel
Pemotongan Tumpeng Dalm Acara Silatnas Pkpt Ipnu Ippnu

Malang- Silaturahmi Nasional Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PKPT IPNU – IPPNU) Se-Nusantara dibuka langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat IPPNU rekanita Puti Hasni (11/05/2018). Forum Nasional yang diadakan di Hall Ibnu Sina  Universitas Islam Malang ini, juga dihadiri oleh Eka Wahyudi selaku Direktur LKPT PP IPNU.

Dalam sambutannya, Puti,  sangat mengapresiasi event ini. Menurutnya, PKPT IPNU-IPPNU mempunyai tantangan yang sangat berat sebagai jangkar ideologi NU di ranah kampus. Selain harus membangun sinergitas dengan organisasi lain, PKPT IPNU-IPPNU juga harus bisa melakukan lobi-lobi terhadap civitas akademika untuk mendukung berdirinya komisariat di kampus masing-masing.

Sebagai kunci dalam sambutan, ia menegaskan beberapa hal. Pertama, mencetak kader unggulan melalui jenjang kaderisasi formal maupun non formal. Kedua, pemetaan kader guna menyalurkan potensi dalam mendistribusikannya. Ketiga,membuka selebar-lebarnya akses guna gencarnya membangun jaringan komisariat kampus-kampus, terlebih kampus negeri. Keempat, menyiapkan modul lebih update dan sesuai dengan konteks zaman. Kelima, tabulasi kekuatan IPNU-IPPNU. Keenam, meningkatkan intensitas menyapa kader baik secara langsung maupun tidak langsung. Terakhir penguatan pemahaman kader terhadap nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah.

Selain itu, Eka selaku perwakilan PP IPNU menyampaikan dalam forum diskusi bahwa IPNU-IPPNU mempunyai kitab suci yang harus diikuti. “PDPRT dan POA merupakan dua sumber hukum, bagai kitab suci yang harus diikuti sebagai haluan berorganisasi, kalau melakukan dan membuat kebijakan tanpa merujuk pada dua instrumen regulasi ini, maka apa yang kita putuskan masuk dalam kategori bid’ah organisasi” terangnya

Ia juga menambahkan bahwa dalam rangka pengembangan IPNU-IPPNU di kampus, PKPT harus memperhatikan tiga hal yang utama. Yaitu Penguatan Kelembagaan, pengambangan skill organisasi dan peningkatan kapasitas keilmuan dan ideologi.

dari sinilah, komisariat kampus bisa berimprovisasi dengan baik untuk meningkatkan SDM kader-kadernya di perguruan tingi” imbuhnya

Dengan mengangkat tema “Rekontruksi Formulasi Materi Kaderisasi untuk Menyongsong PKPT IPNU-IPPNU Go Internasional” acara ini dihadiri oleh kader PKPT IPNU l-IPPNU Se-Indonesia. Hingga acara ini dibuka, telah hadir 53 PKPT IPNU-IPPNU dari berbagai kampus. Mulai dari wilayah Jambi, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, sampai Nusa Tenggara Barat. (Febi/Pers)

author IPNU Jakarta Pusat

Belajar Berjuang Bertaqwa

Komentar