OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :08155555754
Spirit Kepahlawanan Lahirkan SDM Unggul, Ini Lima Kriterianya

Hasan Chabibie saat menjadi narasumber pada Refleksi Hari Pahlawan PP IPNU di Gedung PBNU Lantai 5, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Senin (11/11). (NU Online/Syakir NF)

Hari Pahlawan menginspirasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) untuk menggali spiritnya dalam memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Hal itu pun dibicarakan dalam Diskusi Refleksi Hari Pahlawan bertema “Semangat Pahlawan Wujudkan SDM Unggul Masa Depan” di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Lantai 5, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Selasa (11/11).

Hasan Chabibie, Kepala Bidang Jejaring Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyampaikan lima kriteria SDM unggul dalam diskusi tersebut. Pertama, SDM unggul, menurutnya, bukanlah dia yang pintar, tetapi yang mampu beradaptasi dengan perubahan.

“Orang paling hebat itu bukan orang paling pinter, tapi bisa beradaptasi dengan perubahan. Itu teori evolusi. Dinosaurus habis karena tidak bisa beradaptasi,” katanya.

Karenanya, ia meminta agar IPNU dapat mengkader para anggotanya dengan memiliki kesiapan beradaptasi dengan perubahan yang bakal terjadi, apapun itu. Sebab, para penarik delman, misalnya, dulu yang khawatir tersingkir karena maraknya mobil angkutan. Sekarang, sopir mobil angkutan bergantian pusing karena maraknya mobil berbasis aplikasi.

Kedua, lanjutnya, hal yang paling penting dalam peningkatan SDM unggul adalah kemampuannya berbahasa. “Kenapa kiai matang karena kitabnya kuat karena bahasanya juga bagus. Siapapun yang unggul bahasanya memiliki nilai tambah,” katanya.

Kemampuan berkolaborasi menjadi kriteria SDM unggul yang ketiga. Ia menjelaskan bahwa Google dengan satu akun bisa mengakses berbagai platform, yaitu gmail, Youtube, google form, translate, playstore, dan sebagainya.

“Hanya menggunakan satu identity number, kemampuan untuk berkolaboratif. Siapa yang temannya banyak itu enak. Kemampuan kolaborasi itu bisa menciptakan hal,” ujarnya.

Kemampuan berpikir kritis dan mampu menganalisis menjadi hal keempat. Hal ini, menurutnya, perlu dilatih dengan mempertanyakan berbagai hal dan diskusi. “Mngkin pada titik tertentu biasa saja, tetapi buat orang lain kritis,” kata pria yang pernah menjadi Ketua Pimpinan Wilayah IPNU Jawa Tengah itu.

Kriteria terakhir SDM unggul adalah kreatifitasnya. Sebab, hal terakhir ini tidak dimiliki oleh mesin apapun, sekalipun Artificial Intelegence (AI) yang hanya menghasilkan dari pengulangan-pengulangan yang terjadi. “Mesin tidak bisa melakukan hal itu. Itu bisa dilakukan oleh otak manusia,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga menghadirkan Ketua PBNU KH Aizuddin Abdurrahman dan Direktur Rahmatan lil Alamin Center Idy Muzayyad.

Pewarta: Syakir NF
Editor: Abdullah Alawi

Sumber: https://www.nu.or.id/post/read/113430/spirit-kepahlawanan-lahirkan-sdm-unggul–ini-lima-kriterianya

author IPNU Jakarta Pusat

Belajar Berjuang Bertaqwa

Komentar