• Juli 4, 2020
  • Pimpinan Pusat IPNU
  • 0

Buku Pedoman Masa Orientasi Pelajar Tahun 2020

IPNU memiliki basis utama yaitu pelajar, santri dan mahsiswa, maka back to school and back up school adalah sebuah keniscayaan bagi organisasi kepelajaran ini. Berbagai macam upaya dan langkah strategis telah dirumuskan dalam Konferensi Besar dan Rapat Kerja Nasional tahun 2019. Momentum terbaik dalam melakukan gerakan pengenalan IPNU untuk pelajar di tingkat pendidikan menengah (MTs/SMP, MA/SMA/SMK) adalah saat Masa Orientasi Pelajar (MOP).
Masa Orientasi Pelajar merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka memberikan pengenalan mengenai lingkungan sekolah yang akan jadikan tempat belajar. Selain itu, kegiatan MOP diadakan sebagai upaya untuk menjembatani peserta didik mengenal berbagai karakter dijenjang pendidikan barunya, baik yang berupa lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Hal yang fundamental lagi adalah menguatan ideologi keislaman dan kebangsaan serta mengkampanyekan Ke-IPNU-an.
Buku pedoman MOP ini disusun dengan memperhatikan kenyataan bahwa: (1) Hari pertama masuk sekolah adalah masa di mana sebagian besar peserta didik memasuki lingkungan baru, karena teman sekelasnya tidak berasal dari kelas yang sama maupun sekolah yang sama. (2) Pengalaman awal peserta didik dalam lingkungan yang baru, mempengaruhi kesan umum terhadap lingkungan yang bersangkutan.
Dengan demikian, pedoman ini semoga bisa menjawab persoalan MOP tahun 2020 yang berbeda dengan pelaksanaan MOP pada tahun-tahun sebelumnya. Namun hal ini tidak mengurangi dari esensi dan eksistensi kegiatan MOP itu sendiri. Salam Pelajar!!! Belajar, Berjuang dan Bertaqwa.

Untuk mendapatkan buku pedoman ini silahkan download DISINI