• Agustus 6, 2020
  • syakirnf
  • 0

Pelajar NU Sumenep Siap Kawal Pencegahan Narkoba di Kalangan Pelajar

Sumenep, Media IPNU

Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Sumenep bersilaturahmi ke Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumenep, Rabu (05/08). Hal tersebut dilakukan guna mendiskusikan tingginya kasus narkoba yang menyasar kalangan pelajar.

Dalam diskusi tersebut , Ketua PC IPNU Sumenep Zaynollah menyampaikan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan pelajar kini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku tersebut dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari.

Ia pun menyatakan bahwa PC IPNU IPPNU Sumenep siap mengawal pencegahan narkoba dikalangan pelajar.

“Melalui rapat harian pengurus, kami bersepakat untuk serius dalam mengawal pencegahan penggunaan narkoba yang semakin meningkat dikalangan pelajar. Sehingga kedatangan kami ke BNN menjadi langkah awal untuk membangun sinergitas,” ungkap pria yang biasa dipanggil Zen itu.

Dengan memaksimalkan jejaring kelembagaan organisasi, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa, perguruan tinggi hingga sekolah dan pesantren, ia meyakini penanganan dan pencegahan narkoba di kalangan pelajar akan terasa semakin mudah.

Diskusi yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam tersebut dihadiri langsung oleh kepala BNNK Sumenep Bambang Sutrisno dan juga beberapa jajarannya seperti Kasi P2M dan Rehabilitasi.

Bambang Sutrisno menyambut baik kedatangan PC IPNU IPPNU Sumenep ke kantor BNNK untuk bersilaturahmi dan berdiskusi perihal narkoba. Keterlibatan aktif pelajar NU, menurutnya, sangat membantu kinerjanya bersama tim.

“BNN Kedepannya akan lebih mudah dan merasa sangat terbantu dengan adanya kesadaran dan keterlibatan aktif dari organisas pelajar seperti IPNU dan IPPNU ini,” ungkap Bambang, senang.

Dalam diskusi tersebut, Bambang menyampaikan keprihatinannya atas banyaknya penyalahgunaan narkoba. Hal tersebut mengingat di lapangan banyak kasus yang ditangani justru berasal dari kalangan pelajar, baik yang korban penyalahgunaan maupun pecandu hingga kurir.

“Ayo, kita mulai dari diri kita sendiri dan orang terdekat kita dulu,” ajaknya kepada seluruh pengurus PC IPNU IPPNU Sumenep yang saat itu hadir.

Pertemuan antara BNNK dan PC IPNU IPPNU Sumenep akan ditindaklanjuti dengan bimbingan dan diklat khusus bagi beberapa pengurus yang nantinya akan menjadi kepanjangan tangan dari BNN.

“Untuk bisa masuk kesekolah dan Pesantren dalam upaya edukasi penanganan dan pencegahan Narkoba,” pungkasnya.

Pewarta: Ainul Yaqin
Editor: M Hasyim Azhari