• September 10, 2020
  • syakirnf
  • 1

Rutin Setiap Pekan, Pelajar NU Way Kanan Ngaji Fiqih Kitab Taqrib

Way Kanan, Media IPNU

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Way Kanan, Lampung, mengadakan pengajian fiqih bersama di Pondok Pesantren Sunan Muria Darul Falah, Sukosari, Baradatu, Way Kanan.

Ngaji fiqih yang diagendakan setiap Ahad jam 10 pagi itu dijadikan sebagai wadah Pelajar NU Way Kanan.

Adapun kitab yang diulas adalah Kitab Matan Al-Ghayah wa At-Taqrib atau Fathul Qorib, yang lebih dikenal Kitab Taqrib.

Kitab itu adalah merupakan karya seorang ahli fiqih madzhab syafi’i, yaitu Syekh Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani atau Al-Qadhi Abu Syuja’.

Menurut penuturan Ketua PC IPNU Way Kanan Masdani, pengajian tersebut diikuti para pengurus cabang IPNU dan IPPNU, PKPT STAI Al-Ma’arif Way Kanan, dan PAC Baradatu serta PK SMK YP 17 Baradatu.

“Ngaji bareng dipimpin langsung oleh Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) NU Kabupaten Way Kanan KH Ahmad Fauzi. Beliau juga selaku pengasuh Pondok Pesantren Sunan Muria Darul Falah,” katanya, Ahad (6/9) lalu.

Ia menegaskan, kegiatan positif yang diadakan setiap pekan itu merupakan wadah bagi pelajar NU yang sudah semestinya selalu rutin diadakan.

“Kegiatan semacam ini sudah semestinya dilakukan sebagai upaya menambah wawasan dan pengetahuan bersama. Apalagi ilmu fiqih merupakan ilmu yang paling dasar yang harus kita pelajari sebagai umat muslim,” katanya.

Sementara itu, Ketua PC IPPNU Way Kanan Faridatul Khusna merasa gembira dan semangat karena terlihat kekompakan para pengurus dalam menjalankan program kerja yang telah terbentuk. Pasalnya, ngaji bersama fiqih ini merupakan salah satu program kerja cabang dan mampu berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah untuk ngaji bareng tersendiri sudah berjalan kurang lebih lima pekan, sementara ini kita telah mempelajari bab tentang air, wudhu, dan istinja. Mohon doanya supaya harakah (gerakan) ini menjadi istiqomah untuk kami,” tambah Farida.

Lebih lanjut, Farida mengajak para pelajar dan pemuda yang tidak tergabung dalam wadah tersebut untuk ikut belajar bersama. “Bagi yang tidak bisa hadir langsung ke lokasi bisa ikut menyimak kajian melalui siaran langsung di akun instagram @pc_ipnu_ippnu_way_kanan.

Kontributor: Disisi Saidi Fatah
Editor: Aru Elgete