• Desember 7, 2016
  • mediaipnu
  • 0

Menpora Akan Buka Rakernas IPNU.

Jakarta, PP IPNU – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI akan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdaltul Ulama di The Paragon Hotel, Menteng, Jakarta Pusat. Rakernas akan dilaksanakan selama empat hari, dengan peserta dari PW IPNU se Indonesia.

Rakernas PP IPNU dengan tema “Menegaskan Arah Organisasi; Upaya Meneguhkan Peran Pelajar dalam Pembangunan Nasional Berkelanjutan”. Dalam Rakernas akan diadakan sidang pleno yang membahas tentang Progress Report, dan juga sinkronisasi program kegiatan PP IPNU hingga PW IPNU. Rakernas juga, akan menguatkan Lembaga CBP dan  Pengurus Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT). Disamping itu, bidang kaderisasi dan bidang keorganisasian menjadi pembahasan utama dalam Rakernas tersebut.

Ketua Steering Comittee Rakernas IPNU Imam Fadli mengatakan, acara Rakernas menjadi momentum IPNU untuk mengaktualisasikan program yang dihasilkan di kongres pada tahun 2015. Banyak hal yang menjadi tonggak sejarah dalam Rakernas, seperti dalam komisi Organisasi yang membahas PO tentang klusterisasi organisasi dan akreditasi organisasi.

“Kita akan fokus nantinya dalam penguatan kaderisasi, dan perlu adanya akreditasi organisasi secara menyeluruh,” katanya.

Fadli menambahkan, pengelompokan (red-klusterisasi)  untuk mengetahui kelayakan, dan kinerja organisasi dengan mengacu pada indikator-indikator yang telah ditentukan secara proporsional. Sedangkan akreditasi, untuk penguatan serta penataan IPNU pada aspek-aspek dasar yang menjadi tumbuh kembang organisasi di masa sekarang dan masa yang akan datang.

“Selain sidang Pleno Rakernas yang merupakan acara inti, akan diisi dengan seminar-seminar pada agenda rakernas tersebut,” tambah Fadli yang juga Wakil Ketua Umum PP IPNU.

Menurut Imam, seminar dalam rakernas tersebut diantaranya peran pelajar dalam bidang pendidikan karakter, pembangunan ekonomi, serta peran pelajar dalam menghadapi bahaya laten korupsi dan narkoba. Seminar tersebut akan diisi oleh Ketua Umum PBNU, Menteri Desa dan PDTT, Menteri Ketenagakerjaan, Kepala BNN, Pimpinan KPK, dan beberapa pejabat di lingkungan kementerian atau lembaga lainnya.

“Seminar Rakernas akan diisi para menteri, dalam meningkatkan kapasitas pelajar,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum PP IPNU Asep Irfan Mujahid mengatakan, tema rakernas kali ini sejalan dengan visi PP IPNU yang mengutamakan kaderisasi. Semua peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia diharapkan untuk mengikuti acara Rakernas dengan khidmat, dan berkontribusi penuh agar tujuan dari rakernas dapat tercapai untuk kejayaan IPNU ke depan.

“Semua peserta harus memberikan gagasan yang terbaik, untuk kemajuan IPNU ke depan,” katanya.

Asmoez menambahkan, rakernas yang diadakan selama empat hari di Jakarta, dapat menghasilkan produk organisasi yang daapat diterapkan seluruh jenjang kaderisasi IPNU. Dalam rakernas ini akan didistribusikan hasil Kongres di Boyolali satu tahun yang lalu, sehingga semua kader dalam menjalankan organisasi dapat sesuai aturan.

“kita ini acara rakernas dapat berjalan dengan lancar, ditambah gagasan untuk IPNU lebih baik di masa mendatang,” tambahnya. (Benny Ferdiansyah)