OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :08155555754
PAC IPNU IPPNU Gajah Adakan Lomba Rebana Untuk Menjaga Kesenian Demak

Demak – Lomba Rebana yang diselenggarakan oleh PAC IPNU IPPNU Gajah hari Jum’at, 15 September 2017 pukul 20.00 – 22.30 WIB merupakan bagian dari kegiatan ORSEPNU (Olahraga dan Seni Pelajar Nahdlatu Ulama) setelah resmi di-launching saat pembukaan Konferancab (Konferensi Anak Cabang) IPNU IPPNU Gajah di Balaidesa Mlekang yang dibuka oleh PW IPNU Jawa Tengah yang diwakilkan oleh rekan Abu Hasan Al Hasyim. Rebana adalah bagian kesenian di Demak yang sudah ada sejak dulu, dan sekarang masih dipertahankan. Sekarang alat-alat rebana sudah dikemas lebih modern dan sering di sebut habsy, kalau di Demak masih menjaga rebana model dahulu atau disebut rebana tradisional.

Lomba Rebana kali ini menggunakan rebana modern, dan berlangsung meriah saat lomba, hanya ada masalah kecil saat perlombaan dimulai karena listrik padam, tapi dapat dinyalakan lagi setelah diperbaiki. Lomba yang bersifat umum membuat masyarakat keluar rumah untuk menonton, sehingga banyak penjual dari luar desa berdatangan untuk menambah keramain di lokasi lomba. Lomba yang dikuti oleh ranting dan komisariat di Kecamatan Gajah dinilai oleh 3 juri yang bersal dari MWCNU Kecamatan Gajah, PAC GP Ansor Kecamatan Gajah dan dari PC IPNU Demak. Hasil juri pun langsung dikumpulkan ke panitia dan ditentukan juaranya, tapi hasil juara diumumkan Minggu 17 September 2017 saat Konferancab berakhir, sehingga peserta belum ada yang mengetahui hasilnya.

Dengan adanya lomba rebana, ranting dan komisariat berusaha untuk menjaga dan terus mengunakan rebana dalam aktifitas mingguan ranting seperti saat pengajian al-berjanji, acara bulanan saat selapanan  ranting (sama seperti berjanji), di PAC IPNU Gajah ada selapanan tiap 5 minggu sekali dan di komisariat juga ada Juma’t Leginan (tahlil, istighosah, al-berjanji) yang sudah menjadi kegiatan di PAC IPNU IPPNU Gajah. Rebana sudah menjadi rutinan di wilayah Gajah dan akan terus menjaga  kebudayaan supaya selalu ada aktifitas positif di ranting dan menjaga kekompakan antar pengurus ranting.

Choirul Anwar/HF

author IPNU Jakarta Pusat

Belajar, berjuang, bertaqwa

Komentar