OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :08155555754
Pentingnya Organisasi Sedari Dini

Organisasi tidaklah bisa terlepas dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya organisasi, kegiatan berjalan lebih apik dan terencana. Persatuan dan kesatuan serta semangat gotong-royong akan lebih mudah terwujud. Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Sudah sepatutnya untuk kita menghargai orang lain baik dalam pandangan politik, kebiasaan, maupun kepercayaan.

Pendidikan keanekaragaman sudah seharusnya diberikan kepada anak sedari dini. Dengan pengenalan perbedaan, anak akan tumbuh bersama sifat toleransi yang telah ditanamkan sedari kecil. Diantara metode pengenalan keanekaragaman adalah dengan mengajak anak berorganisasi. Melalui organisasi anak akan terbiasa dengan perbedaan pendapat maupun pandangan terhadap suatu masalah.

Pengenalan organisasi sekolah dalam lingkup kecil berupa organisasi kelas. Cakupan organisasi yang lebih luas berupa OSIS, Pramuka, PMR, Rohis, IPNU, IPPNU dan sebagainya. Masa sekolah merupakan fase terpenting dalam menciptakan karakter kepribadian anak. Selain menambah pengetahuan, berorganisasi memiliki banyak manfaat bagi anak diantaranya yaitu:

Pertama, menumbuhkan sikap tanggung jawab. Dalam organisasi terdapat struktur yang mana setiap orang memiliki fungsi dan tugas yang berbeda. Melalui fungsi dan tugasnya, seseorang akan memiliki etos kerja, kedisiplinan dan jiwa tanggungjawab.

Kedua, meningkatkan rasa percaya diri. Organisasi mampu meningkatkan mental bagi anak, sehingga rasa percaya diri akan timbul. Berbicara di hadapan khalayak atau bertukar pendapat merupakan bentuk pengasahan mental.

Ketiga, meningkatkan kemampuan berbicara. Melalui organisasi anak akan lebih sering berbicara melalui penyampaian pendapat ataupun usulan. Banyak orang pintar dianggap bodoh karena tidak dapat berbicara didepan umum.

Selain beberapa fungsi diatas, organisasi juga dapat mengembangkan pola pikir, ajang sosialisasi, pembentukan EQ (Emotional Intelligence Quotient). Banyaknya manfaat yang terdapat dalam organisisai belum mampu menarik minat anak dalam ikut serta dalam berorganisasi. Sebagai generasi milenial marilah isi waktu kita dengan ikut berorganisasi. Manfaat berorganisasi bukan hanya untuk hari ini, tapi untuk esok dan akan datang.

Oleh: M. Afifudin/HF

author IPNU Jakarta Pusat

Belajar, berjuang, bertaqwa

Komentar