OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :08155555754
Pentingnya Pendidikan di Era Millenial

Oleh: Muhammad Afifudin

Pendidikan adalah modal dasar dalam pembentukan sebuah karakter. Baik buruknya seseorang dapat diketahui melalui background pendidikan yang ditempuh. Pendidikan bukan hanya belajar materi, tapi juga melalui praktik keseharian dengan lingkungan sekitar. Pendidikan karakter amatlah penting di era krisis peduli sosial. Pendidikan moral dan akhlak seharusnya menjadi perhatian lebih. Melalui pendidikan akhlak yang matang seseorang akan terhindar dari berbuat jahat.

كَذَاكَ اَدَبْتُ حَتَّى صَارَ مِنْ خُلُقِى # اَنِّى وَجَدْتُ مَلَاكَ الشِّيْمَةِ الاَدَبُ

Artinya: “Dengan pendidikan seperti itulah aku dididik, sehingga hal tersebut menjadi akhlakku. Aku telah menemukan, sesungguhnya pembentukan akhlak itu benar-benar melalui pendidikan.” (syarah Ibnu Aqil, ala Alfiyah ibni Malik, bab dzonna wa akhwaatuha)

Untuk menciptakan keseimbangan pendidikan karakter haruslah seimbang dengan pendidikan pengetahuan umum dan keagamaan. Dengan modal pengetahuan, seseorang dapat mencapai derajat yang tinggi baik dihadapan manusia maupun disisi Allah SWT. Setidaknya, pengetahuan akan bermanfaat bagi empunya, jika diamalkan kepada orang lain maka akan menjadi ladang pahala untuk bekal di akhirat.

وَاعْلَمْ فَعِلْمُ الْمَرْءِ يَنْفَعُهُ # اَنْ سَوْفَ يَأْتِى كُلُّ مَا قُدِرَا

Artinya: “Ketahuilah, karena pengetahuan seseorang itu bermanfaat bagi dirinya, bahwa kelak akan datang semua yang telah dipastikan (Allah).” (syarah Ibnu Aqil, ala Alfiyah ibni Malik, bab inna wa akhwaatuha)

Pentingnya ilmu pengetahuan saat ini bukanlah hanya untuk masa depan, tapi juga untuk saat ini dalam rangka melawan hoaks agar tidak mudah terprovokasi. Banyak fihak yang ingin mengadu domba diri kita dengan saudara kita. Mari bekali diri dengan pengetahuan agar tidak hanya menjadi orang yang berilmu, tapi menjadi manusia yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan serta bangsa dan negara. Janganlah kita berakhir dengan penyesalan dengan menjadi orang yang bodoh atau orang yang mudah terprovokasi dengan berita hoaks. Siapkan bekal untuk masa tua dengan ilmu dan amal, melalui belajar, beramal dan bertakwa.

الا ارعواء لمن ولت شبيبته #  اذنت بمشيب بعده هرم

Artinya: “Tidaklah masa akhir bagi orang telah berlalu masa mudanya, yang memperingatkan kepadanya akan kedatangan masa tua, lalu disusul sesedahnya masa pikun.” (syarah Ibnu Aqil, ala Alfiyah ibni Malik, bab laa allati linafyil jinsi)

Editor: HF

author IPNU Jakarta Pusat

Belajar, berjuang, bertaqwa

Komentar