OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :08155555754
Perkuat Gerak Kader, IPNU IPPNU Jateng  Gelar Latihan Instruktur

Wonosobo – Tiga puluh delapan peserta IPNU IPPNU  dari berbagai penjuru di Provinsi Jawa Tengah  mengikuti  kegiatan Latihan Instruktur dan Training Of Trainer yang dilaksanakan di Kantor Balai Latihan Kerja Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (21-24/8). Latihan Instruktur dan Training Of Trainer yang diselenggarakan oleh PW IPNU IPPNU Jawa Tengah ini dihadiri oleh PCNU Wonosobo. Hadir juga dalam acara pembukaan, Pengurus PWNU Jateng  serta  instruktur dari Pimpinan Pusat IPNU.

Dalam sambutannya, Pengurus PWNU Jawa Tengah mengatakan “Kaderisasi merupakan proses penting untuk kelangsungan hidup organisasi serta merupakan bagian yang tidak bisa ditinggal dalam rekrutmen anggota. Dengan kaderisasi, IPNU mampu meneruskan estafet kepengurusan NU.’’ Sementara itu, Ketua IPNU Jateng Ferial Farkhan Ibnu Ahmad mengatakan “Kegiatan Latihan Instruktur  ini merupakan langkah konkret bagi PW IPNU IPPNU Jawa Tengah untuk menguatkan ideologi dan skill instruktur menuju kaderisasi cerdas serta munculnya kader yang mumpuni dan handal baik dari sisi konseptual berorganisasi, teruji intelektualitas maupun kematangan dalam ideologisasi serta sebagai modal untuk mengembangkan NU agar menjadi organisasi yang berdaya guna bagi kalangan pelajar dan santri serta mahasiswa. IPNU harus bergerak, tidak hanya sebatas menjadi pendamping kader.”

Lebih lanjut, Feri  menjelaskan bahwa kegiatan ini mempunyai tujuan: pertama, alumni  Latihan Instuktur (LATIN) memiliki tanggung jawab khusus   menggarap kaderisasi formal IPNU yang ada di Jawa Tengah. Kedua, alumni Training Of trainer (TOT) juga dikhususkan menggerakan kaderisasi di sekolah negeri dan perguruan tinggi. “Sebab ini menjadi peran penting  untuk perkembangan IPNU dimasa yang akan dating. Saya berharap para kader dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan bersemangat sehingga dapat mewujudkan apa yang menjadi harapan kita sebagai warga NU di Jawa Tengah tercinta ini” harapnya dengan penuh optimis di hadapan para kader.

Pimpinan Pusat IPNU yang dihadiri oleh wakil sekretaris kaderisasi, dalam sambutanya menyampaikan beberapa tujuan adanya perubahan nama dari tim pelatih menjadi instruktur salah satunya untuk menyamakan frekuensi kaderisasi dari IPNU hingga kaderisasi NU. Tujuan lainya untuk mencetak kader utama yang kelak akan menjadi embrio NU kedepan. Menurutnya “Kaderisasi di Jawa Tengah merupakan salah satu pengkaderan terbaik, diapun mengapresiasi proses kaderisasi di Jawa Tengah yang kaderisasinya sejalan dengan IPNU dan IPPNU,” jelas Abdullah Muhdi. Kegiatan ini didampingi langsung oleh Tim Instruktur PP IPNU dan Tim Instruktur PW IPNU IPPNU Jateng.

(Suci Amaliyah/HF)

author IPNU Jakarta Pusat

Belajar, berjuang, bertaqwa

Komentar