OFFICE :Gedung PBNU Lt. 5 Jl. Kramat Raya No. 164
CALL :08155555754
Terapi Galau Ala Pelajar Hijau

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh, salam berjuta rekan rekanita. Bagaimana kabarnya hari ini? Luar biasa bukan? Semoga hari ini yang sedang sakit disembuhkan oleh Allah SWT, yang lagi susah dimudahkan oleh Allah SWT, termasuk yang sedang galau semoga diberi ketenangan, keterangan, dan kuat hati amiin amiin. Hehe…

Ngomongin masalah galau, kali ini saya akan berbagi tips untuk kalian yang sedang merasa galau, cie cie galau. Yah, tidak bisa dipungkiri galau memang sering melanda kaum muda, entah kenapa alasannya, galau suka sekali dikaitkan dengan kaum muda. Sebenarnya apa sih galau?

Kata “galau” sendiri tenar sekitar tahun 2007-an, sebelumnya galau terkenal dengan bahasa akrabnya yaitu kepikiran atau dalam bahasa Jawa sering dikatakan “Suker”. Ya, galau atau kepikiran atau suker atau yang lainnya merupakan suatu kondisi jiwa pikiran serta hati tidak sesuai. Artinya harapan dari seseorang tidak sejalan dengan kenyataan seseorang. Biasanya dalam kondisi seperti ini seseorang akan mengalami stres, bingung, tidak yakin, melamun, sakit hati, was-was, khawatir dan lainnya. Jadi, galau tidak hanya putus pacar yah, hehe…

Apabila rekan rekanita pernah mengalami seperti diatas, jangan khawatir, keadaan seperti itu bisa di atasi kok. Berikut ini 5 hal mengatasi galau versi pelajar hijau.

Yang paling utama, jika galau melanda anda pada saat itu, segera bergegas ambil air wudhu kemudian lakukan sholat sunnah. Setelah itu, pejamkan mata anda dengan mengatur nafas anda agar merasakan rileks dan katakan dalam hati “Ya Allah saya menerima diri saya sepenuhnya” apapun rasa yang dialami saat itu terima saja. Sekali lagi terima saja.

Kedua, setelah keadaan menerima biasanya akan merasakan lebih rileks dan nyaman. Kemudian ingat kembali niat dan cita-cita besar anda yang sudah terprogram sedemikian rupa. Diingat dan rasakan sampai anda benar-benar yakin.

Ketiga, alihkan perhatian dan lihat begitu banyak orang disekitar anda yang menunggu anda melakukan sesuatu yang besar termasuk keluarga tercinta.

Keempat, pada point ini anda dianjurkan untuk beristighfar dan bersholawat sebanyak mungkin dan sesekali diselipkan perasaan terimakasih pada diri anda.
Yang selama ini telah membantu dan mendukung kinerja anda serta berterimakasih kepada orang yang medukung anda selama ini.

Terakhir, berserah diri kepada Allah SWT bahwa anda siap menerima apapun yang Allah berikan. Misalkan dengan kata-kata  ini “Ya Allah, saya siap mengganti rasa … (sebutkan rasanya) dengan keridhoanMu untuk menerima segala nikmat besarMu” ucapkan berulang kali. Setelah itu, atur nafas dan buka kembali mata anda.

Nah, rekan rekanita demikian lima tips mengatasi galau, apalagi galau akut, hehe. Semoga yang mencoba diberikan kemudahan dalam mengatasinya, amiin . Pada hakekatnya, rencana hamba akan kalah telak dengan rencana dan takdir sang kholiq. Hamba Allah diperintahkan hanya untuk berusaha, sedangkan penentuan Allah-lah yang berhak atasNya. Sekian, semoga bermanfaat. Wassalaamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

author IPNU Jakarta Pusat

Belajar, berjuang, bertaqwa

Komentar